Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan

Sudah memasuki musim hujan nih, tapi kok kulit wajah jadi kering ya? Tenang, ada beberapa tips merawat kulit wajah saat musim hujan yang bisa kamu lakukan agar kulit wajahmu tetap cantik berseri. Merawat kulit wajah sangat penting loh, apalagi saat musim hujan seperti ini kulit wajah akan cenderung lebih kering dari biasanya.

Bahkan bagi yang memiliki kulit berminyak bisa menyebabkan wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat karena udara yang lembap saat musim hujan. Nah, ada beberapa tips merawat kulit wajah saat musim hujan yang bisa kamu lakukan setiap saat.

Sebelum dilanjut, untuk kamu yang ingin konsultasi seputar masalah kecantikan dan kulit bisa langsung hubungi dokter online kami di 0811-8820-172.

Tips Merawat Kulit Wajah Saat Musim Hujan.

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah merupakan hal utama dalam perawatan wajah. Apalagi pada musim hujan, udara cenderung lembab dan membuat kulit menjadi lebih berminyak. Tumpukan minyak dapat mempermudah timbulnya komedo dan jerawat pada wajah. Untuk menghindarinya, bersihkan wajah setiap harinya sebanyak 2-3 kali. Bila Anda memiliki kulit sensitif, pembersih berbahan dasar tea tree oil, aloe vera, madu, dan rose water bisa jadi pilihan.

  1. Gunakan Toner Setelah Membersihkan Wajah

Nyatanya, toner sangat ampuh untuk menjaga kulit wajah senantiasa bersih dan bebas jerawat. Cukup tuangkan pada kapas dan usapkan pada wajah anda. Kotoran yang tertinggal setelah membersihkan wajah dapat terangkat. Selain itu toner juga dapat membantu memberikan kelembapan ekstra sebelum menggunakan produk skincare berikutnya.

Dengan begitu, bahan aktif berikutnya dapat menyerap prduk selanjutnya dengan maksimal.

  1. Selalu Gunakan Sunscreen

Sinar matahari di musim hujan juga masih mengandung ultraviolet. Efek jangka panjangnya, sinar uv akan merusak kulit dn membuatnya menjadi kusam serta timbul flek hitam. Sinar uv juga dapat meningkkan resiko kanker kulit.

Untuk melindungi kulit wajah dari sinar uv, selalu gunakan tabir surya dengan Sun Protecting Factor (SPF) minimal 25.

SPF yang lebih tinggi juga bisa diaplikasikan jika kamu lebih banyak melakukan kegiatan diluar ruangan. Jangan lupa untuk selalu mengoleskannya secara berulang, apalagi jika kamu sering berkeringat dan terpapar air.

  1. Selalu Gunakan Pelembab

Tips merawat kulit wajah saat musim hujan selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Pelembab merupakan kunci penting bila ingin memiliki kulit yang selalu kenyal dan segar. Meski musim hujan udara cenderung lembab, pelembab tetap wajib digunakan. Kulit wajah saat musim hujan juga bisa membuat kulit menajdi kering. Untuk kulit yang cenderung kering, pilih pelembab yang mengandung jojoba oil, madu, atau ekstrak lemon agar kulit tetap lembab dan bebas iritasi.

Sementara, pemilik kulit berminyak dapat memilih pelembab berbahan dasar air dengan kandungan susu, lemon atau madu.

  1. Eksfoliasi

Tips merawat kulit wajah saat musim hujan adalah eksfoliasi. Pori-pori yang tersumbat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap terjadi di musim hujan. Salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ini adalah dengan rutin eksfoliasi kulit. Ada dua cara eksfoliasi kulit, yaitu denhan cara melakukan scrubing setiap 2-3 kali setiap minggu. Kulitmu akan tampak lebih bercahaya serta terhindar dari komedo.

  1. Hindari Riasa Terlalu Tebal

Salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori adalah dengan menggunakan riasan yang terlalu tebal. Meski udara yang dingin kerap membuat anda menjadi lupa membersihkan riasan anda.

Sebaiknya, gunakan riasan yang tipis dan secukupnya, sehingga mudah diaplikasikan kembali bila terkena hujan. Lalu jangan lupa membersihkan hingga tuntas setelah selesai beraktifitas.

  1. Cukupi Air Minum

Udara yang dingin pada musim hujan kerap membuat seseorang merasa haus karena tidak merasa gerah atau kepanasan. Namun penguapan cairan melalui kulit tetap terjadi. Oleh karena itu, kebutuhan cairan harus terus terpenuhi. Jangan pernah lupakan air putih bila ingin kulit tetap awet muda. Ingat, 60 persen kulit tersusun dari air.

Kalau asupan airnya kurang, kulit juga bisa terancam kesehatannya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan setidaknya minum 2 liter air setiap hari.