VITILIGO: GEJALA, FAKTOR RISIKO, KOMPLIKASI DAN PENGOBATAN

Penyakit Vitiligo
Penyakit Vitiligo bukan termasuk penyakit yang menular.

Pernahkan kamu mendengar tentang penyakit Vitiligo? Vitiligo bisa terjadi pada semua orang dari kelompok ras dan etnik manapun. Penyakit vitiligo termasuk kedalam penyakit jangka panjang dan diperkirakan menimpa 1 dari 100 orang. Pada umumnya penyakit Vitiligo akan lebih jelas terlihat pada orang berkulit gelap atau hitam dengan usia kurang dari 20 tahun.

Apa Itu Penyakit Vitiligo?
Penyakit Vitiligo adalah ditandai bercak-bercak di kulit yang kehilangan pigmennya sehingga menyebabkan warna kulit memudar atau hilang di area tubuh tertentu.  Penyakit Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau berhenti berfungsi dan bisa menyerang area kulit manapun di tubuh seperti bagian dalam mulut, mata, rambut, namun sering muncul pada bagian punggung tangan, wajah, dan ketiak.

Penyakit Vitiligo bukan termasuk penyakit yang menular atau mengancam kehidupan tetapi Vitiligo bisa membuat penderitanya stres atau merasa tidak percaya diri.

Jenis-jenis Vitiligo

• Vitiligo Vulgaris
    Biasanya ditandai dengan muncul bercak yang ceplok-ceplok. Bercak ini akan menyebar di badan, wajah dan bagian tubuh lainnya,
  • Vitiligo Acrofacial
    Acro yang berarti tangan dan kaki ujung, sementara facial adalah wajah. Jadi bercaknya hanya muncul di bagian tangan, kaki dan wajah saja tidak muncul di bagian badan.

Apa Saja Tanda-Tanda dan Gejala Vitiligo?
Hilangnya warna kulit secara merata di beberapa bagian tubuh menjadi tanda utama dari vitiligo. Biasanya perubahan warna ini pertama kali terlihat di area yang terpapar sinar matahari seperti tangan, kaki, lengan, wajah, dan bibir.
Secara garis besar, berikut berbagai tanda dan gejala saat kamu terkena vitiligo:

• Hilangnya atau pudarnya warna kulit secara merata di area tubuh tertentu
  • Munculnya uban atau rambut putih secara dini di rambut, bulu, mata, alis ataupun janggut
  • Hilangnya warna pada jaringan yang melapisi selaput lendir (dalam mulut dan hidung)
  • Hilangnya atau berubahnya warna pada lapisan bola mata atau retina.

Seperti yang telah disebutkan gejala ini bisa muncul di usia berapa pun. Namun umumnya lebih sering terjadi sebelum seseorang menginjak usia 20 tahun.

Faktor Resiko Terjadinya Penyakit Vitiligo

• Faktor genetik
    Vitiligo bisa diturunkan dari riwayat keluarga dengan Vitiligo.
  • Faktor penyakit autoimun
    Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, termasuk sel pigmen tubuh. Seperti penyakit Tiroiditis Hashimoto Autoimun.
  • Faktor stres
    Kulit terbakar akibat sinar matahari, atau paparan bahan kimia dapat memicu terjadinya Vitiligo.

Apa Saja Komplikasi Vitiligo ?
Beberapa komplikasi yang muncul pada penyakit vitiligo antara lain:

• Merasa tidak percaya diri
  • Muncul peradangan pada bagian hitam mata (iritis)
  • Menyebabkan kulit mudah terbakar sinar matahari
  • Menyebabkan kanker kulit
  • Menyebabkan sebagian pendengaran hilang
  • Resiko terkena penyakit autoimun seperti penyakit Addison, Hipertiroidisme, atau Lupus

Pengobatan Vitiligo di Klinik Estetika Pandawa

Klinik Estetika Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis aesthetic and skin care yang berada di Jakarta. Pasien akan dilayani dengan seksama dan seramah mungkin oleh perawat dan dokter ahli. Dokter akan menjelaskan prosedur tahapan pemeriksaan dan treatment yang akan di berikan. Berdasarkan analisa dokter maka dokter memberikan rekomendasi bahwa pasien perlu treatment apa saja.

Selain menangani kasus-kasus estetika, Klinik Estetika Pandawa juga melayani berbagai kasus penyakit kulit lainnya yang bisa mempengaruhi estetika wajah dan kulit seseorang. Beberapa kasus kelainan kulit yang sering dilayani antara lain Melasma, Acne, Abses, Dermatitis, Eksim, Psoriasis, Vitiligo, Prurigo, Selulit, Kutil, Tumor, dan lainnya.

Pelayanan medis Klinik Estetika Pandawa ini didukung oleh para dokter spesialis kulit dan kelamin (Dermatology dan Venereology) yang berpengalaman dan professional serta dilengkapi beberapa alat modern seperti laser, RF, Venus versa, celluma light terapy, HIFU dan obat-obatan standar Internasional.

Apabila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut bisa berkonsultasi online gratis kepada dokter kami dengan cara klik tombol pada web bit.ly/2VdMqLL atau hubungi 0821-1141-0672 (Telepon/SMS/WA). Kami dengan senang hati melayani.  Rahasia medis pasien terjamin.

One Response