MELASMA ; GEJALA, PENYEBAB, DAN PENGOBATANNYA

penyakit melasma

Penyakit Melasma bisa dihilangkan dengan cepat dengan treatment laser.

Tanpa disadari banyak wanita mengalami penyakit Melasma. Terutama mereka yang berada di ras keturunan Latin/Hispanik, Afrika Utara, Afrika-Amerika, Asia, India, Timur Tengah, dan Mediterania. Menurut American Academy of Dermatology, sebanyak 90 persen orang pemilik penyakit Melasma adalah wanita. Rata-rata wanita tersebut berkulit gelap dan cenderung berada di daerah yang terpapar sinar matahari.

Apa itu Melasma?

Rata-rata Melasma banyak dialami oleh kaum wanita yang mengalami kulit gelap. Penyakit kulit yang satu ini memang bisa mengurangi tingkat percaya diri. Ya, sebab Chloasma atau Melasma muncul dengan bercak noda cokelat hingga abu-abu di wajah. Yakni di pipi, batang hidung, dahi, dagu, dan di atas bibir.

Selain itu, Melasma juga bisa muncul di bagian tubuh lain.  Seperti pada lengan bawah dan leher. Atau area lain yang sering terkena sinar matahari. Tapi jangan khawatir, Melasma bisa diidentifikasi. Caranya, dengan mengurangi faktor risiko yang menimbulkan terjadinya penyakit tersebut. Salah satunya, hindari terpaan sinar matahari secara langsung dan terus-menerus.

Gejala Melasma

Gejala Melasma bisa muncul akibat paparan sinar ultraviolet yang terus menerus. Bila Anda memiliki bercak berwarna di area kulit, bisa jadi itu adalah Melasma. Apalagi bila posisinya berada simetris, di kedua sisi wajah Anda.

Dan bila tanda-tanda itu semakin jelas berwarna kecokelatan, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsultasikan ini ke dokter spesialis kulit yang profesional. Pasalnya, kondisi tubuh setiap orang akan bereaksi dengan cara berbeda.  Walhasil, berdiskusi dengan dokter menjadi pilihan bijak untuk menjadikan sesuatunya jauh lebih baik.

Penyebab Melasma

Perubahan hormon bisa membuat Melasma muncul dan menghinggapi kaum hawa. Beberapa kondisi Melasma disebabkan oleh adanya sel-sel pembuat warna di kulit (melanosit) yang memproduksi terlalu banyak warna. Akibatnya, muncul warna kulit yang tak biasa dan berbeda dibandingkan kulit sekitarnya.

Dalam beberapa kasus, orang berkulit gelap lebih rentan terkena Melasma. Sebab, orang berkulit gelap memiliki melanosit yang lebih aktif daripada orang berkulit cerah. Adapun faktor  penyebab melasma antara lain:

Sinar ultraviolet (UV) yang bersumber dari matahari dapat merangsang melanosit. Terpaan sinar matahari ini bahkan bisa membuat Melasma kembali muncul, bila sebelumnya sudah mulai menghilang. Otomatis, Melasma pun kembali muncul kembali.

Sementara untuk perubahan hormon, wanita hamil dapat mudah terserang melasma. Karena hormone bisa menjadi pemicu kondisi melasma timbul. Tak cuma itu, pil KB juga dapat memicu kondisi yang sama.

Pengobatan Melasma

Pengobatan Melasma bisa dilakukan dengan laser Lutronic Spectra XT.Dengan berbagai kondisi Melasma, pengobatannya pun beragam. Ada yang menggunakan salep untuk menghilangkan Melasma. Ada pula dengan menggunakan Laser dengan Lutronic Spectra XT dengan panjang gelombang 595nm dan 1064nm.

Alat canggih ini bisa menghilangkan Melasma dalam 8-10 perawatan. Bergantung dari luas area bercak melasma yang ingin dihilangkan. Sementara untuk rentang waktu di setiap perawatan berkisar 1-2 minggu. Sementara prosedur lain untuk menghilangkan Melasma bisa dilakukan. Diantaranya, menggunakan pengelupasan kimia (seperti asam glikolat), mikrodermabrasi, dan dermabrasi. Oiya, prosedur perawatan dengan modalitas ini hanya bisa dieksekusi oleh dokter ahli. Jika tidak, akan muncul masalah kulit baru yang bisa membuat kulit iritasi.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, maka Anda dapat berkonsultasi online dengan dokter ahli Kami secara gratis di nomor 0821-1141-0672/021-62313337 (telepon/SMS/WA) atau klik konsultasi. Dan, dapatkan promo Melasma dari kami dengan klik promo Melasma

Treatment lainnya yang ada di Klinik Estetika Pandawa

• Bhotulinum Thoksin
  • Filler