PENYAKIT HIPERPIGMENTASI DAN TENTUKAN PERAWATANNYA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

penyakit hiperpigmentasi
Penyakit hiperpigmentasi biasanya menyasar bagian yang tubuh yang sering terpapar sinar matahari.

 

Munculnya beragam bercak pada kulit bisa membuat Anda kurang percaya diri. Meski tak berbahaya, noda akibat penyakit hiperpigmentasi bisa membuat penampilan terlihat jorok dan tak bersih.

Hiperpigmentasi disebabkan oleh adanya penumpukan zat melanin pada kulit. Kerusakan ini membuat warna kulit lebih gelap dibandingkan dengan kulit normal.

Perlu diketahui, zat melanin mempunyai peran khusus dalam membentuk warna pigmen kulit seseorang. Namun, jika melanin diproduksi berlebihan akan menimbulkan bercak gelap pada kulit.

Adapun penyebab munculnya bercak pada kulit diantaranya adalah inflamasi kulit. Sehingga bakal menimbulkan warna gelap pada kulit yang terluka atau pun mengalami peradangan.

Selain itu, adanya terpaan sinar matahari, pemakaian obat-obat tertentu dan pil KB, bisa menjadi penyebab lain yang memicu terbentuknya penyakit kulit hiperpigmentasi.

 

Jenis-jenis Hiperpigmentasi

Sebelum mengetahui pengobatan hiperpigmentasi yang sesuai, kenali dulu berbagai jenis Hiperpigmentasi yang sering muncul di sekitar Kita, seperti :

  • Melasma
    Jenis Hiperpigmentasi ini penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon dan merupakan peristiwa yang normal selama kehamilan.

    Melasma juga dapat muncul dikarenakan efek samping dari pil kontrasepsi atau gangguan fungsi tiroid dan pengobatan terapi hormon lainnya.

    Biasanya, Melasma dialami wanita dengan rentang usia 20-50 tahun dengan warna kulit gelap. Melasma ditandai dengan munculnya bercak hitam pada dagu, dahi, batang hidung, leher, daerah atas bibir, lengan, dan pipi.

  • Lentigo
    Jenis penyakit kulit Hiperpigmentasi ini biasa disebut sebagai bintik hitam atau bintik gelap. Lentigo ini lazimnya ditemukan pada lansia yang disebabkan penuaan dan terpapar sinar UV. Beberapa tanda Lentigo yang bisa ditemui yakni bercak kecokelatan pada tubuh. Lentigo akan terlihat di area yang kerap terkena sinar matahari, seperti wajah dan telapak tangan.

    Lentigo muncul dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari 0,2-2 cm. Lazimnya, Lentigo muncul akibat adanya peningkatan jumlah sel-sel pigmen di lapisan permukaan kulit. Penderita Lentigo biasanya sudah lanjut usia dan seiring pertambahan usia, bercak lentigo akan terus bertambah.

 

Pengobatan Hiperpigmentasi

Adapun beragam perawatan hiperpigmentasi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut;

  • Laser; treatment ini berfungsi memecahkan pigmen melanin menjadi fragmented (kecil) sehingga sangat mudah diserap tubuh, dan pigmen di permukaan kulit akan dilepas dengan treatment peeling.
  • Ultimate Recovery Treatment atau Bio Stem Cell ; Kedua jenis treatment ini dilakukan untuk memasukkan serum growth micro neddle (jarum micro) ditujukan untuk kulit lapisan dermis dimana tindakan ini akan merangsang pembentukan kulit baru atau peremajaan kulit.
  • Pengelupasan kulit, termasuk pengelupasan dengan bahan Tretinoin, asam salisilat, untuk mengobati area kulit gelap. Pengelupasan kulit dilakukan jika memang pengobatan luar telah gagal.
  • IPL (Intense Pulsed Light) treatment bekerja dengan memanfaatkan paduan bermacam-macam gelombang cahaya yang dapat menarget area yang lebih besar. Efek samping IPL Treatment juga lebih minim dibanding dengan Laser Treatment. Treatment IPL harus di bawah pengawasan dokter berpengalaman.
  • Terapi Hormon dan antiaging medicine; Sebagian besar Hiperpigmentasi terjadi karena pengaruh gangguan hormon dan paparan sinar matahari dan polutan. Oleh karena itu pentingnya koreksi hormon dan detoksifikasi.
  • Dermaroller dan dermapen juga turut sangat membantu meminimalisasi Hiperpigmentasi ditambah dengan serum Antihiperpigmentasi.

 

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link bit.ly/2VdMqLL atau hubungi  melalui whatsapp / SMS / telp 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani. Segala rahasia medis akan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *