NODA BEKAS JERAWAT (PIH) PADA KULIT, BISA DIHILANGKAN DALAM SEKEJAP

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

fashion, asian, japanese

 

Wajah penuh noda bekas jerawat sangatlah tidak nyaman dipandang. Selain terlihat jorok, pastilah menimbulkan rasa kurang percaya diri. Otomatis, berkomunikasi dengan lawan jenis saat bertatap muka jadilah tidak nyaman. Imbasnya, mempercantik wajah jadilah suatu keharusan.

Tapi taukah Anda noda kecoklatan atau hitam ini merupakan Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)? Jika belum tau, Kami akan menjabarkan lengkap untuk Anda. Apa itu PIH? PIH adalah noda kecokelatan atau kehitaman yang disebabkan oleh berlebihnya produksi melanin akibat inflamasi.

Ketika inflamasi berlangsung kulit Anda akan mengalami stres. Hal inilah yang membuat produksi Melanin berubah. Melanin adalah pigmen kulit yang berperan memberi warna pada rambut, kulit, dan mata manusia.

Tak bisa ditepikan, noda kecokelatan PIH pada kulit lebih sering ditemui pada orang dengan kulit sedang hingga gelap. Sebab pada pemilik kulit gelap biasanya mempunyai melanocytes (sel pemroduksi melanin) yang overactive.

Nah, salah satu yang menjadi pangkal penyebab utama inflamasi lazimnya terjadi akibat jerawat dan terpaan sinar matahari. Walhasil, noda kecokelatan PIH kerap kali dihubungkan dengan bekas jerawat dan sun spot.

Meski jerawat mulai menghilang, noda kecokelatan yang ditimbulkan pastilah akan meninggalkan bekas di wajah. Hal ini pasti juga akan menyebabkan munculnya krisis percaya diri. Menghilangkan noda bekas jerawat ini juga memerlukan treatment tersendiri.

 

Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH

Meski Anda memiliki noda bekas jerawat yang mengganggu, identifikasi dulu apa sebenarnya mungkin sudah menggunakan berbagai produk kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, terkadang rasanya seolah tidak memberikan efek apa pun. Hati-hati, kemungkinan ini pertanda bahwa Anda menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis bekas jerawat yang Anda alami.

Ya, tiap jenis bekas jerawat memiliki penanganannya masing-masing. Begitu juga dengan bekas jerawat PIE dan PIH.

 

Berikut Ini Perbedaan Bekas Jerawat PIE dan PIH:

  1. Warna
    Cara paling mudah untuk membedakan bekas jerawat PIE dan PIH adalah dilihat dari warnanya.

    Post Inflammatory Erythema atau PIE adalah bekas jerawat yang seringnya berwarna kemerahan, merah muda, atau keungungan. Sedangkan Post Inflammatory Hyperpigmentation adalah bekas jerawat yang menyisakan noda-noda kecokelatan atau kehitaman.
  1. Penyebab
    Bekas jerawat PIE merupakan hasil pelebaran pembuluh darah yang ada di dekat permukaan kulit wajah. Hal ini umumnya disebabkan oleh peradangan pada kulit, bisa karena jerawat, kebiasaan memencet jerawat, paparan sinar matahari terus-menerus, atau kandungan skin care yang terlalu keras.
    Karena letaknya sangat dekat dengan permukaan kulit, maka peradangan tadi akan tampak sebagai noda kemerahan. Kondisi ini paling sering dialami oleh pemilik kulit berwarna terang, namun bukan berarti orang dengan kulit gelap tidak bisa memiliki PIE.Sementara itu, Post Inflammatory Hyperpigmentation atau PIH adalah respon alami kulit ketika mengalami peradangan sehingga kulit memproduksi lebih banyak melanin. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata manusia. Ketika kulit terpapar sinar matahari, tubuh akan memproduksi melanin untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi. Namun jika melanin yang dihasilkan terlalu banyak, maka area kulit tersebut akan tampak lebih gelap daripada warna kulit di sekelilingnya.Beda dengan PIE, PIH lebih sering ditemukan pada pemilih kulit sawo matang hingga gelap. Pasalnya, orang dengan kulit gelap cenderung memiliki sel melanosit yang lebih banyak. Tapi lagi-lagi, ini bukan berarti pemilik kulit putih bisa terhindar dari bekas jerawat PIH, ya.
  1. Perawatan
    Jika Anda sudah gonta-ganti skin care tapi bekas jerawat masih saja tak hilang, bisa jadi Anda memiliki bekas jerawat PIE. Pasalnya, bekas jerawat PIE cenderung lebih sulit diatasi daripada PIH.

 

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

Bekas jerawat PIE bersifat meresap ke kulit karena berhubungan dengan pelebaran pembuluh darah. Tentu saja, hal ini tidak mungkin bisa diatasi hanya dengan penggunaan skin care atau produk kecantikan.

Post Inflammatory Erythema hanya dapat diatasi dengan perawatan kecantikan di dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) atau ahli kecantikan tersertifikasi. Berbagai pilihan perawatan untuk mengatasi bekas jerawat PIE di antaranya:

  • Laser.
  • Microneedling, dapat meningkatkan dan menggantikan sel-sel yang rusak dengan yang baru, khususnya pada jaringan pembuluh darah.

 

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

Noda bekas jerawat PIH disebabkan oleh produksi melanin berlebih, maka cara terbaiknya adalah dengan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru supaya pigmentasi cepat memudar. Pilihlah produk kecantikan yang mengandung AHA, niacinamide, hydroquinone, atau vitamin C untuk mengatasi bekas jerawat PIH.

Alpha Hydroxy Acids atau AHA merupakan sejenis eksfoliator yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit wajah. Bila digunakan dengan benar, AHA dapat memudarkan bekas jerawat PIH hingga menyerupai warna kulit awal.

Sedangkan hydroquinone adalah agen pemutih yang dapat membantu menyamarkan hiperpigmentasi pada kulit. Begitu juga dengan vitamin C, jenis vitamin ini dipercaya dapat membantu melindungi, meremajakan, dan membuat kulit lebih cerah.

Selain dengan produk kecantikan, mikrodermabrasi juga ampuh mengatasi bekas jerawat PIH. Mikrodermabrasi dapat membantu menghambat produksi melanin berlebih dan menyamakan tekstur serta warna kulit seperti semula.

 

Cara Penanganan Bekas Jerawat di Klinik Estetika Pandawa

Di Klinik Pandawa treatment Nano Fractional dengan mesin Venus Versa akan dipakai sebagai solusi untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat.

Prosedur perawatan Nano Fractional di Klinik Estetika Pandawa tidak memakan waktu yang lama. Sebelum tindakan, bagian wajah akan di anestesi krim terlebih dahulu. Setelahnya, aplikator tip pin akan diletakan pada area noda bekas jerawat.

Untuk melengkapi treatment Nano Fractional, pemakaian serum khusus, obat minum, krim, chemical peeling juga efektif membantu menghilangkan noda bekas jerawat.

Selain itu,  pasien dengan treatment Nano Fractional juga bisa menjajal layanan estetika lainnya di Klinik Pandawa. Beragam alat canggih untuk menangani masalah kulit dan mempercantik wajah dimiliki. Lutronic Spectra XT dan Celluma Series, menjadikan klinik ini terdepan di dunia kecantikan.

Apabila Anda sedang mengalami masalah jerawat yang membandel dan ingin bebas dari noda jerawat, jangan ragu untuk berkonsultasi online (gratis) dengan Klinik Estetika Pandawa. Klinik Estetika Pandawa spesialis kulit dan kelamin (Dermatology dan Venerology), ahli mengatasi masalah jerawatmu. Dan, dapatkan promo spesial untuk Acne Scars Treatment dengan klik disini. Atau kamu juga bisa menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *