MENGATASI KERONTOKAN RAMBUT, INI TIPS-NYA!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
mengatasi kerontokan rambut
Rambut yang rontok berlebihan sebaiknya diwaspadai, karena bisa menyebabkan kebotakan.

 

Rambut rontok adalah lepasnya rambut secara berlebihan. Masalah rambut rontok ini dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara atau permanen. Jumlah rambut seseorang akan lepas atau rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya. Rontoknya rambut ini terbilang normal, karena terdapat juga rambut yang tumbuh setiap harinya. Mengatasi kerontokan rambut akan diawali dengan fase pertumbuhan (anagen), di mana rambut akan tumbuh dan bertahan selama 2-6 tahun.

Setelah itu, rambut akan rontok dan akan tumbuh kembali 2-3 bulan setelah rontok (fase telogen). Sebelum rontok, rambut akan memasuki masa transisi selama 2-3 minggu (fase katagen). Bila siklus pertumbuhan rambut-rambut ini terganggu, rambut akan rontok hingga berujung pada kebotakan.

 

Penyebab Rambut Rontok
Faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu cukup banyak, apalagi sampai membuat rambut rontok. Masalah rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba kemungkinan dapat terjadi akibat penyakit atau obat tertentu, mengonsumsi makanan yang tidak baik, atau saat setelah melahirkan.

Sehingga sangat dibutuhkan pengecekan dokter untuk mengetahui penyebab rambut rontok lebih jelasnya. Penyebabnya sendiri pun beragam. Dan untuk mengatasinya maka mesti dicari tau lebih dahulu perkaranya.

Sayangnya, seringkali rambut terkadang rontok berlebihan dan kebotakan muncul secara tiba- tiba. Sebelum semakin parah, pahami dahulu penyebabnya.

  1. Kendala hormon
    Terdapat sebagian hormon yang menimbulkan rambut rontok, yaitu antara lain hormon alopesia androgenetik, hormon DHT ataupun dihydro testosterone serta hormon alopesia areata.Rambut rontok sendiri dapat terjadi akibat dari gangguan hormon alopnesia androgenetik. Hormon tersebut merupakan pemicu kebotakan atau kerontokan rambut parah sampai persentase sebesar 70% pada laki- laki serta 40% pada peremupuan.
    Mengapa sampai ada kebotakan cepat akibat hormon ini? Penyebabnya merupakan dari faktor keturunan. Ibu pasca melahirkan ataupun ibu menyusui juga biasanya mengalami permasalahan kerontokan.
  2. Gizi serta vitamin
    Berikutnya aspek yang menyebabkan kerontokan rambut yakni akibat dari gizi serta nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia.Jangan dikira rambut itu tak membutuhkan gizi serta vitamin juga, tentu saja perlu. Sebab, semua yang terdapat di dalam badan manusia membutuhkan gizi serta nutrisi yang proporsional. Sebab, bila Kamu mengalami kekurangan gizi, akan mengalami kerontokan pada rambut Kamu.
    Misalnya saja kertika Kamu menjalani diet ketat, protein serta zinc pasti akan sangat sedikit serta menyebabkan kerontokan pada rambut itu sendiri.
  3. Pemakaian bahan kimia
    Penataan rambut yang melampaui batas umumnya dan mengenakan aneka berbagai produk kecantikan rambut juga bisa membuat rambut rontok. Misalnya saja hair spray, cat rambut dan lain sebagainya.Saat sebelum memakai aneka berbagai produk kecantikan rambut tersebut, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dulu mengenai kandungannya, metode konsumsinya serta efek samping yang hendak dihasilkan akibat dari pemakaian tersebut.
  4. Jarang keramas
    Jarang keramas juga akan menimbulkan rambut Kamu jadi rontok dan tidak bagus, kumal, rapuh, kusut serta juga tidak terpelihara.Sebaiknya Kamu keramas secara rutin agar rambut Kamu tetap sehat dan bernutrisi. Meski demikian, keramas untuk wanita memang tidak dianjurkan tiap hari sebab akan mengurangi minyak secara natural rambut, hasilnya rambut jadi kering serta tidak terpelihara. Tetapi untuk pria yang setiap harinya mengenakan gel rambut ataupun pomade, maka keramas tiap hari dianjurkan supaya rambut tetap bersih dan sehat.
  5. Terlalu kencang mengikat rambut
    Sangat kencang dalam mengikat rambut, tentunya bakal membuat rambut Kamu jadi rontok mendadak saat menarik ikatan rambut tersebut.Rasanya tentu bakal sakit, maka Kamu wajib mengurangi kekencangan serta ikatan rambut Kamu. Kesalahan dalam menyisir rambut bisa menyebabkan kerontokan. Cara mengatasi kerontokan tersebut dengan menunggunya hingga kering.
  6. Efek samping obat
    Komsumsi obat- obatan juga bisa merangsang terbentuknya kerontokan rambut. Misalnya saat Kamu mengonsumsi chemotherapy, sebab dalam proses chemotherapy bermacam- macam obat yang keras akan membuat rambut di kepala jadi rontok. Tak hanya rambut di kepala, tetapi pula rambut di seluruh tubuh Kamu.
  7. Penyakit
    Sebagian penyakit juga bisa menyebabkan rambut jadi rontok parah. Diantaranya diabetes, lupus, hipertiroidisme serta pula down syndrome.Selain itu,  kerontokan pada rambut bisa terjadi karena obat chemotherapy yang bisa membuat rambut di tubuh rontok mendadak. Tetapi ketika tubuh seperti semula, badan dan rambut juga akan kembali produktif seperti sedia kala.
  8. Kehamilan
    Banyak wanita berbadan dua juga mengalami kerontokan rambut. Hal itu sangat normal sekali dan dampak dari ketidakseimbangan hormon yang ada. Tapi jangan khawatir, karena kira- kira 3 bulan sehabis melahirkan, akan kembali seperti sedia kala.Namun, apabila kerontokan rambut menjadi lebih parah, maka dianjurkan untuk menghubungi dokter agar bisa segera ditangani dengan cepat.
  9. Kendala emosional
    Rambut yang rontok bisa terjadi bukan karena  melulu dari aspek, melainkan dari sisi psikologis. Stres serta kendala emosional juga dapat memicu kerontokan rambut.Ketika seseorang tertekan ataupun mengalami pikiran berat yang melampaui batas, maka otot syaraf kepala akan menegang. Otot kepala yang tegang tesebut akan mengakibatkan syaraf rambut kemudian melemah. Ketika lemah tersebutlah rambut akan alami kerontokan.
  10. Cahaya matahari serta polusi
    Cahaya matahari yang berlebihan bisa mendatangkan permasalahan untuk rambut kepala Kamu. Pada jam- jam tertentu, cahaya matahari memanglah mempunyai kandungan vitamin D yang besar dan  baik buat tulang serta badan.Tetapi apabila telah terik, hingga matahari bakal memancarkan cahaya radiasi yang besar. Hasilnya buat kepala Kamu akan jadi pusing serta rambut jadi gampang sekali rontok. Selalu kenakan penutup kepala ataupun topi buat melindungi rambut Kamu. Ditambah lagi dengan polusi udara yang terus meningkat, membuat rambut Kamu rentan terserang kotoran serta lain sebagainya. Senantiasa beri proteksi terhadap rambut Kamu.
  11. Rokok
    Rokok nyatanya bisa mengganggu suplai darah ke folikel rambut, oleh sebab itu baik perokok aktif ataupun pasif wajib waspada pada kerontokan rambut yang akan terjadi.
  12. Infeksi
    Bila Kamu mempunyai sisa cedera di kepala Kamu, lekas atasi bekas cedera tersebut. Karena apabila dibiarkan menganga terbuka, maka akan memunculkan peradangan, apabila sudah peradangan hingga mungkin besar rambut rontok akan berlangsung.

Senantiasa perhatikan kandungan  gizi yang Kamu makan serta senantiasa perhatikan kesehatan Kamu supaya rambut tetap terpelihara pula.

 

Mengatasi kerontokan rambut di Klinik Estetika Pandawa
Cara mengatasi rambut rontok dan kebotakan yang terbukti efektif adalah dengan terapi cahaya dan laser. Perangkat laser akan menstimulasi pertumbuhan rambut pada area kebotakan. Perangkat yang tersedia bisa berupa bentuk kuas, sisir dan benda lain yang mudah digenggam. Perangkat ini akan memancarkan cahaya dan membuat pertumbuhan rambut lebih cepat.

Perawatan dengan terapi sinar laser dapat dilakukan 2-3 kali seminggu. Kadang membutuhkan waktu beberapa bulan untuk melihat efeknya. Penting diperhatikan, perawatan laser tidak termasuk dalam rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Pangan Amerika Serikat. Namun, tidak ada laporan apa pun mengenai efek samping negatif terkait penggunaan terapi laser.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal mengatasi rambut rontok atau kebotakan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Klinik pandawa merupakan klinik yang khusus menangani masalah kerontokan rambut. Klinik Pandawa juga memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan komplit. Klinik Pandawa juga telah banyak menangani pasien dengan kasus kerontokan rambut.

Bila Anda penasaran, treatment apa saja yang ada di Klinik Kami, Anda bisa berkunjung ke channel Youtube kami : Klinik Estetika Pandawa.

Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Jika membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami melalui konsultasi atau hubungi 0821-1141-0672 (Telepon/SMS/WA). Kami dengan senang hati melayani Anda.  Rahasia medis pasien terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *