MENCEGAH KERIPUT (WRINKLE) DI WAJAH SEBELUM TERLAMBAT

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

Kerutan di wajah
Kerutan (wrinkle) atau tanda-tanda penuaan dini yang harus ditangani bila Anda ingin terlihat menarik

 

Masalah kulit yang sering dihadapi pada banyak wanita selain jerawat adalah wrinkle atau kerutan. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi tiap wanita. Kerutan atau wrinkle biasanya terjadi di area-area yang sering terpapar matahari, seperti wajah, dahi, punggung tangan, ataupun lengan. Masalah kerutan (wrinkle) atau tanda-tanda penuaan dini ini tak hanya dialami wanita dewasa atau orang tua saja. Hal tersebut dikarenakan tidak melakukan perawatan atau pencegahan penuaan dini sedari dulu.

 

Fakta Menarik Seputar Kerutan di Wajah

  1. Ada dua jenis kerutan, yaitu dinamis dan statis. Kerutan dinamis berkembang seiring waktu sebagai akibat dari gerakan otot berulang. Contohnya lipatan nasolabial (garis-garis yang terlihat dari sudut luar hidung ke sudut luar mulut) semakin terlihat setelah bertahun-tahun tersenyum. Itu lah penyebab banyak orang menyebut kerutan ini sebagai garis senyum. Sedangkan Kerutan statis terjadi sebagai akibat dari sifat turun temurun, faktor lingkungan, kebiasaan gaya hidup tertentu atau proses penuaan alami.
  2. Kerutan biasanya disebabkan oleh hilangnya kekencangan dan elastisitas kulit seiring waktu. Bahkan bayi yang baru lahir, bagaimanapun memiliki kerutan di area sendiri di mana fleksi dan kontraksi cenderung terjadi di dalam rahim
  3. Pada orang tua, kulit di daerah yang yang tertutup cenderung memiliki kerutan normal yang akan semakin terlihat seiring waktu
  4. Kerutan tidak hilang secara spontan kecuali dalam keadaan yang sangat tidak biasa seperti sel-sel abnormal atau zat lain ke dalam kulit sebagai bagian dari proses penyakit sistemik.
  5. Kerutan cenderung terjadi di daerah kontraksi otot, seperti otot frontalis, corrugator, dan obricularis. Ocali pada wajah bagian atas terhubung erat dengan fasia superfisial dan secara karakteristik menghasilkan kerutan horizontal permanen pada dahi dan kerutan vertikal di antara di sekitar mata.
  6. Ada jenis kerutan khusus yang dikenal sebagai selulit. Selulit paling sering terjadi pada wanita tetapi mungkin juga ada pada beberapa pria. Selulit sering dikaitkan dengan obesitas. Biasanya selulit muncul di pinggul atau pantat. Kulit yang terkena tampak seperti memiliki penampilan “kulit jeruk”. Selulit terkait dengan jaringan lemak yang herniates ke lapisan bawah kulit yang lebih dalam (dermis).

 

Penyebab Muncul Kerutan Di Wajah

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya kerutan di wajah, berikut beberapa faktor penyebab munculnya kerutan di wajah.

  • Rokok

Kebanyakan orang tahu bahwa merokok dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, tetapi apakah kamu tahu mengapa hal tersebut terjadi? Pertama, merokok menghilangkan oksigen dalam darah yang penting untuk kulit yang sehat. Kedua, menyempitkan pembuluh darah, membuat pembuluh darah kesulitan membawa oksigen ke aliran darah ke sel, termasuk sel-sel kulit. Ketiga, merokok mengandung zat kimia yang dapat merusak ke dalam aliran darah. Selain itu juga mengurangi kolagen dan elastin yang merupakan dua protein penting untuk kulit elastis. Tanpa protein ini, kulit akan mulai kendur. Semua efek samping ini menyebabkan kulit kusam, kering dan kendur.

  • Sinar UVA

Meskipun kulit warna coklat karena berjemur akan terlihat bagus dalam beberapa minggu, efek dari paparan sinar matahari tidak terlihat bagus. Sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF dapat menyebabkan kerutan serta bintik-bintik hitam pada kulit yang dikenal dengan hiperpigmentasi. Berjemur tanpa perlindungan yang tepat juga dapat menyebabkan kanker kulit.

  • Stres

Tahukah kamu bahwa ternyata stres memiliki kontribusi dalam menyebabkan kerutan di wajah. Ketika kamu terus menerus merasa stres, kemungkinan besar kamu akan meringis atau mengernyit berulang kali. Hal seperti ini dapat mengembangkan kerutan dinamis seperti garis-garis cemberut atau kerutan vertikal yang berkembang di antara alis mata. Mempelajari cara mengelola stres sangat penting untuk mencegah keriput, dan untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Berjalan-jalan, mandi air hangat, atau berlatih pernapasan dalam-dalam dapat membantu mengatasi stres. Bahkan memeluk orang yang dicintai telah terbukti mengurangi efek stres.

 

Cara Menghilangkan Keriput di Wajah

Aneka prosedur menghilangkan kerutan di wajah banyak ragamnya. Salah satunya dengan melakukan suntik filler atau botulinum toxin.

Nah, bila kamu sudah paham akan penyebab kerutan di wajah, sekarang Kami akan menjabarkan cara menghilangkan kerutan di bawah mata, dahi dan area wajah secara menyeluruh.

Tak cuma satu cara, beragam cara menghilangkan kerutan di wajah, berikut bisa Anda tempuh untuk membuat awet muda lagi:

  • Pertama, Botulinum Toxin
    Dengan suntikan botulinum toxin kamu bisa menghilangkan kerutan dengan cepat. Sebab, Botulinum Toxin akan membuat otot menjadi tidak aktif dan mengecil. Kulit pun akan terlihat lebih halus dan kencang. Cara menghilangkan keriput di wajah ini bisa diaplikasikan pada alis, dahi, dan sudut mata. Hasil dari treatment Botulinum Toxin bisa bertahan tiga sampai empat bulan.
  • Kedua, Filler
    Selain botulinum toxin, kamu juga bisa melakukan suntik filler. Dengan lemak, kolagen atau gel asam hialuronat yang disuntikkan pada area kerutan, wajah akan menjadi kencang dan kembali seperti dulu kala. Sebab, cairan filler akan mengisi cekungan yang terbentuk. Hasil pada treatmen ini akan membuat kerutan dan keriput menjadi lebih halus.
  • Ketiga, Operasi plastik
    Operasi plastik dilakukan untuk membuang kelebihan kulit dan lemak di area tertentu. Biasanya, dilakukan pada bagian bawah wajah dan leher. Operasi ini berfungsi untuk mengencangkan jaringan ikat dan otot di bawahnya. Tindakan seperti ini biasanya lebih tahan lama, hasil operasi ini bisa bertahan 5-10 tahun.
  • Keempat, Laser
    Tindakan lainnya yang bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah yakni dengan sinar laser. Dengan treatment mesin Lutronic Spectra XT, sinar laser dengan panjang gelombang tertentu dipancarkan. Sinar tersebut akan menghancurkan lapisan luar kulit (epidermis) dan memanaskan kulit di bawahnya (dermis). Tujuannya, untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru. Setelah luka akibat tembakan Panjang gelombang sembuh, kulit pun akan tampak lebih halus dan kencang.
  • Kelima, Peeling
    Cara mengencangkan kulit dengan metode peeling sebenarnya paling sederhana. Wajah cukup dioleskan bahan kimia ke daerah kerutan wajah. Selebihnya, kulit luar akan mengelupas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih  baik. Sehingga wajah pun menjadi lebih kencang tanpa noda yang mengganggu.
  • Keenam, Dermabrasi
    Treatment lainnya yang juga bisa dijadikan pilihan adalah dermabrasi. Tindakan mengampelas lapisan permukaan kulit ini terbukti ampuh untuk merangsang pertumbuhan lapisan kulit baru. Hasilnya, kulit baru akan menjadi lebih segar dan kencang.
  • Ketujuh, Radio Frequency
    Treatment radio frequency dipakai pada perawatan wajah yang memiliki lemak mengganggu serta mengencangkan kulit kendur. Selain itu, treatment canggih ini juga biasa dilakukan untuk menghilangkan lemak di leher, pipi, badan, paha, dan bokong.

 

Cara Mencegah Keriput di Wajah Klinik Pandawa

Adapun prosedur mencegah keriput di wajah merupakan treatment mujarab dari Klinik Pandawa yang bisa Anda jajal. Tinggal datangi dokter ahli yang memiliki rekam jejak yang bagus dalam penanganan kulit keriput dan penuaan. Sekadar catatan, jangan sekalipun melakukan tindakan treatment di atas dengan tenaga medis abal-abal.  Sebab, Anda yang seharusnya tampil awet muda, bisa jadi akan tampil lebih mengecewakan. Karena efek samping pada setiap tindakan bisa menjadi bumerang buat Anda.

Jika membutuhkan informasi dan treatment lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau hubungi 0821-1141-0672 (Telepon/SMS/WA). Kami dengan senang hati melayani Anda.  Rahasia medis pasien terjamin.

 

Treatment lainnya yang ada di Klinik Estetika Pandawa

  • Jerawat dan Bekas Jerawat
  • Rosacea
  • Infus Whitening
  • Stretch Mark
  • Freckles
  • Skin Rejuvenation
  • Melasma
  • Laser Tattoo Removal

 

Alat Penunjang Aesthetic dan Skin Care di Klinik Estetika Pandawa

  • Dermalinfusion (SilkPeel)
  • Venus Versa
  • Lutronic Spectra XT
  • Celluma Series
  • Hairmax
  • Nanopore Stylush

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *