Ladies, Ternyata Begini Cara Menghilangkan Milia dan Ketahui Penyebabnya

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Ladies, Ternyata Begini Cara Menghilangkan Milia dan Ketahui Penyebabnya

cara menghilangkan milia

Cara Menghilangkan Milia – Memiliki wajah yang mulus tanpa adanya masalah di area muka merupakan idaman setiap orang terlebih untuk wanita yang selalu menutupi dengan make-up. Milia yang biasanya timbul di area sekitar wajah merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menganggu penampilan. Sering kali milia ini muncul pada bagian wajah, seperti hidung, area mata, dan pipi. Milia hampir seperti jerawat putih. Milia memiliki benjolan kecil yang berwarna putih. Milia ini biasanya disebut dengan kista kecil.

Kista ini dapat muncul sendirian (milium) atau timbul dalam berkelompok yang disebut milia. Biasanya sering terlihat pada bayi dan juga dapat muncul pada wajah orang dewasa sebagai benjolan kecil. Milia ini disebabkan karena berbagai acam penyebab, seperti kulit yang melepuh karena kondisi tertentu, terlalu sering terkena sinar matahari, menggunakan krim yang mengandung kortikosterois, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Untuk itu, sebaiknya Sahabat Pandawa ketahui apa penyebab lainnya muncul Milia dan bagaimana cara menghilangkan milia. Yuk, simak artikel di bawah ini.

 

Apa itu Milia?

Milia ialah sejenis bintik kecil yang berwarna kecil yang muncul di permukaan kulit. Milia tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja, tetapi dapat timpul pada bayi yang baru saja lahir pun dapat mengalami kondisi ini. Mila juga sering disebut dengan bintik susu ini tidak termasuk dalam kategori jerawat. Milia juga berbeda dengan komedo yang mengandung nanah, jadi ia tidak ada tanda  adanya pori-pori kulit yang tersumbat. Milia biasanya muncul di area pipi atau di bawah mata dan tidak bersifat berbahaya.

Selain jenis, milia dibagi ke dalam kategori premier dan skunder. Penyebab milia premier berbentuk langsung keratin yang terperangkap di bawah kulit. Milia premier ini biasanya ditemukan di wajah bayi atau orang dewasa. Sedangkan, jenis skunder punya bentuk ynag mirip dengan yang primer. Akan tetapi jenis skunder berkembang setelah sesuatu yang menyumbat saluran yang mengarah ke permukaan kulit, seperti setelah cedera, terbakar, atau melepuh.

 

Jenis-jenis Milia

  • Neonatal

Jenis ini muncul pada bayi setelah lahir. Penyebab milia ini berupa kelenjar keringat yang belum berkembang. Ditambah lagi, kondisi ini terjadi pada sekitar 50% bayi di dunia sehingga dianggap wajar akan hilang sendiri.

  • Primer

Jenis ini muncul pada anak-anak maupun orang dewasa. Milia primer ini sering muncul di kelopak mata, dahi, atau disekitar kemaluan yang dapat terjadi pada anak-anak atau orang tua dewasa. Kondisi ini tidak disebabkan oleh kerusakan kulit.

  • Skunder atau traumatis

Jenis ini sering timbul di dekat luka, contohnya luka bakar atau ruam. Juga timbul setelah Anda mengoleskan krim jenis tertentu macam krim kulit kortikosteroid. Kemudia, benjolan putih kecil ini juga bisa dikarenakan paparan sinar matahari yang berlebihan.

  • En plaque

Penyebab milia Benjolan kecil ini sangat langka, berkembang tumbuh berdempetan sehingga terlihat terdapat permukaan kulit yang meninggi. Jenis kista kecil biasanya kental dengan kulit mati. Biasanya, munculnya di belakang telinga, pada kelopak mata, atau area pipi hingga rahang. En plaque cenderung mempengaruhi terutama wanita paruh baya.

  • Multiple Eruptive

Jenis ini biasanya dapat hilang setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dan juga tergolong sangat langka di wajah.

  • Juvenile

Ini adalah jenis yang disebabkan oleh kelainan genetik. Berikut adalah  kondisi kelainan yang menjadi penyebabnya:

  1. Sindrom karsinoma sel basal Nevoid. Sindrom ini dapat menyebabkan karsinoma sel basal (BCC).
  2. Pachyonychia congenita. Kondisi ini dapat menyebabkan kuku tebal atau tidak normal.
  3. Sindrom Gardner. Kelainan genetik langka ini dapat menyebabkan kanker usus besar seiring waktu.
  4. Sindrom Bazex-Dupré-Christol. Sindrom ini mempengaruhi pertumbuhan rambut dan kemampuan untuk berkeringat.

 

Penyebab Milia di Area Mata

Penyebab milia di area mata timbul akibat keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Keratin merupakan  alami yang bertugas untuk memberikan kekuatan pada sel-sel kulit, kuku, dan rambut. Ketika sel-sel kulit mengallami kerusakan dam mati, mereka dikumpulkan oleh keratin dan terjebak di dalam pori-pori. Inilah yang penyebab milia di dekat mata atau area wajah lainnya.

Selain itu, ada beberapa factor lain yang dapat penyebab milia di dekat mata, misalnya pemakaian alat kosmetik yang tidak tepat, atau trauma atas prosedur kecantikkan tertentu. Ada juga yang mengami milia akibat pengobatan tropical seperti pemakaian obat. Ketika lokasi milia dianggap terlalu dekat dengan mata, dokter akan memerlukan bantuan dokter spesialis mata untuk menanganinya. Namun jika letaknya cukup jauh, umumnya dokter dapat melakukan tindakan terhadap milia dengan lebih leluasa.

 

Cara Menghilangkan Milia dengan Tindakan Medis

Cara menghilangkan milia dapat ditangani dengan Dokter Spesialis kulit biasanya menangani milia secara professional dengan beberapa pilihan prosedur di bawah ini:

  • Pencabutan dengan jarum kecil

Ini merupakan cara menghilangkan milia secara umum. Prosedur ini menggunakan jarum kecil atau gunting untuk merobek bagian kulut yang memiliki milia. Tindakan ini berupaya membuka pori-pori kulit agar keratin yang terperangkap dapat keluar.

  • Tindakkan Laser

Cara menghilangkan milia dapat menggunakan laser. Prosedur ini dokter akan memakai seperti laser kecil untuk membuka pori-pori kulit yang terkena milia

  • Crytherapy

Bertujuan untuk cara menghilangkan milia, teknik perawatan yang satu ini menggunakan cairan nitrogen untuk membekukan dan menghancurkan milia dari dalam. Meski cukup efektif, namun cara ini tidak disarankan untuk mengatasi milia yang berlokasi di dekat mata. Hal ini dikarenakan rasanya akan sangat sakit dan risikonya terlalu berbahaya bagi mata. Selain itu tindakan ini juga bisa menimbulkan luka dan perubahan pigmen pada kulit.Milia mungkin sangat mengganggu penampilanmu, tapi perlu diingat bahwa keberadaannya bisa jadi tidak permanen. Namun alih-alih mengabaikannya, kamu tetap disarankan memastikan bahwa milia yang ada bukan gejala dari gangguan kulit yang lebih serius kepada dokter.

 

Penganganan Milia di Klinik Pandawa

Jika Sahabat Pandawa sudah membaca artikel di atas bagaimana cara menghilangkan milia dan penyebabnya apa saja. Tidak perlu khawatir, Klinik Pandawa dapat menangani masalah yang sedang alami. Memang milia ini sangat mengganggu penampilan, terlebih lagi untuk kaum wanita yang merasa terganggu milia muncul di area mata.

Klinik Pandawa yang sudah terkenal dengan klinik estetika di Jakarta serta mempunyai fasilitas yang membuat Anda nyaman jika berkunjung untuk perawatan estetika. Klinik ini mempunyai dokter yang professional juga.

Jika Sahabat Pandawa memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu untuk bertanya lebih lanjutkepada dokter professional di Layanan Konsultasi Gratis di Klinik Pandawa yang dapat dihubungi nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.