Ketiak Hitam? Begini Cara Menghilangkannya dan Kembali Glowing

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

ketiak hitam

Kamu punya ketiak yang hitam? Duh, pastinnya ngga pede ya pakai baju yang sexy. Tenang aja ya Sahabat Pandawa jangan khawatir masalah ini. Kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan ketiak hitam dan kamu jadi pede dengan pakaian yang kamu gunakan sekarang.

Punya bulu diketiak saja pastinya bikin risih dan ingin cepat-cepat dihilangkan, bukan? Meskipun ketiak tak selalu terlihat, ketiak hitam memang dapat mengganggu penampilan kamu, terutama untuk wanita. Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa ketiak hitam diakibatkan karena mencukur bulu ketiak.

Padahal, ketiak hitam dapat disebabkan karena berbagai masalah, lho. Maka dari itu, yuk kita cari tahu bagaimana cara atasinya.

Warna kulit ketiak yang hitam sehaarusnya sama seperti warna kulit bagian tubuh yang lain juga. Namun pada beberapa orang, kulit di bagian ketiak bisa terlihat hitam. Hal ini dikarenakan ketiak yang hitam dipandang tak enak dan bisa mengganggu penampilan, apalagi jika kamu menggenakan pakaian yang tak tertuup lengannya (tank top)

 

Penyebab Ketiak Hitam

Ada beberapa masalah yang dapat disebabkan ketiak gelap, yaitu:

Iritasi Kulit Ketiak

Salah stau penyebabkulit ketiak gelap paling sering terjadi karena terlalu sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur dan mencabut bulu ketiak.

Hal ini bisa saja membuat kulit kamu gampang teritasi dan memicu produksi melanosit yang berlebihan. Melanosit ialah sel penghasil melamin ataupun warna alami kulit( pigmen).

 

Infeksi bakteri

Kulit ketiak hitam dapat disebabkan karena infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Kuman ini biasanya berkembang subur apabila kamu mudah berkeringat, tinggal dilingkungan yang lembab, minimnya menjaga kebersihan tubuh, ataupun mengidap penyakit khusus, seperti diabet, serta kelebihan berat badan.

 

Saat Hamil

Sebagian ibu yang sedang hamil dapat alami perubahan ataupun gangguan kulit, dan salah satunya ialah kulit ketiak hitam. Perihal ini mungkin disebabkan perubahan homon kehamilan yang memicu kenaikan produksi pigmen. Warna kulit yang hitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan sesudah melahirkan.

 

Baca juga: Flek Hitam di Wajah Dapat Mengganggu, Ternyata Begini Cara Mengatasinya Ladies!

Acanthosis nigricans

Kulit ketiak hitam juga dapat disebabkan karena penyakit yang disebut dengan acanthosis nigricans. Orang yang mempunyai kondisi ini akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Munculnya pun tak hanya di ketiak saja, tetapi dapat di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan area pangkal paha.

Acanthosis nigricans ini dapat disebabkan karena beberapa factor, yaitu:

  • Kelebihan berat badan ataupun kegemukan.
  • Diabetes jenis 2.
  • Gangguan hormon, seperti pada penyakit penyakit tiroid, sindrom Cushing, ataupun sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Efek samping obat- obatan yang bisa mempengaruhi hormon, seperti kapsul KB serta kortikosteroid.
  • Jika kemunculannya semakin berat dalam durasi cepat, hingga acanthosis nigricans mungkin bersangkutan dengan penyakit kanker, seperti kanker alat pencernaan serta kanker hati.

 

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Buat menghilangkan ketiak gelap, pertama- tama harus ketahui terlebih dulu apa yang jadi pemicu timbulnya ketiak hitam. Bila diakibatkan oleh infeksi bakteri, hingga pemakaian obat antibiotik bisa jadi solusinya.

Tidak hanya dengan penyembuhan, buat membantu menghilangkan ketiak hitam, coba lakukan sebagian tips berikut ini:

Cegah iritasi kulit ketiak

Bila kamu sering lakukan mencukur bulu ketiak, coba mandi dengan air hangat dan gunakan krim atau gel saat memncukur bulu ketiak agar tak gampang iritasi

Bila kulit ketiak kamu gampang iritasi setelah gunakan deodorant (antiperspirant), cobalah ganti dengan deodorant yang tanpa pewangi atau hentikan pemakaian untuk sementara waktu.

Gunakan bahan alami

Beberapa bahan alami dapat mengiritasikan ketiak yang menghitam. Kamu bisa gunakan masker yang alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, serta kulit jeruk.

Cara membuat masker ketiak tersebut sangat gampang. Pertama-tama, bahan tersebut kamu iris, dilunakkan atau dibuat menjadi jus, kemudian tempelkan ke ketiak. Selanjutnya, tunggu sampai beberapa menit lalu bilas dampai bersih.

Kenakan pakaian yang menyerap keringat

Keringat berlebihan bisa menimbulkan kulit ketiak rentan hadapi iritasi. Suhu panas serta kelembapan di kulit ketiak ditambah minimnya menjaga kebersihan badan pula bisa mempermudah bakteri buat berkembang subur di ketiak. Akhirnya, kulit ketiak dapat jadi gelap.

 

Buat menghindari terjadinya hal itu, kenakanlah pakaian yang aman serta bisa meresap keringat, serta janganlah lupa buat mandi tiap kali badan berkeringat ataupun kotor.

Bikin kulit ketiak gelapyang disebabkan oleh penyakit acanthosis nigricans, penindakannya bisa dengan mengobati pemicu atau pokok masalahnya, misalnya apabila disebabkan oleh obesitas, hingga pengobatannya ialah dengan menurunkan berat badan. Untuk kamu yang punya ketiak gelap dikarenakan kelainan hormon, kamu dapat gunakan obat-obatan yang dapat memperbaiki kadar hormon

Disisi lain, terkait dengan diagnosisnya, dokter akan menyarankan memakai krim yang mempunyai kandungan, seperti hidroquinon, tretinoin, kortikosteroid, azaleic acid, AHA, atau asam kojik bisa atasi ketiak hitam. Tidak hanya dengan obat, perawatan dengan pengobatan laser serta Dermalinfusion pula dapat jadi opsi.

 

Perawatan Ketiak Hitam

Nah, gimana dengan ulasan diata? kamu jangan panik lagi ya Sahabat Pandawa, Klinik Pandawa dapat atasi masalah yang sedang kamu alami. Untuk itu, kamu dapat kunjungi Klinik Kami di Jakarta. Sebelum kamu mendatangi klinik kami, kamu dapat kosultasikan terlebih dahulu ke nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 Whatsapp / SMS/ telp atau Konsultasi Gratis dengan Dokter Kami. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.