KENALI, KELAINAN KUKU YANG TAK BOLEH DIBIARKAN

kelainan kuku

Tahukah Anda bila kuku juga memiliki penyakit atau kelainan kuku yang dapat mengganggu Anda? Dan banyaknya lagi, kelainan pada kuku sering dibiarkan begitu saja juga sering dikira sebagai bagian tubuh yang tak mungkin terkena penyakit.

Padahal nyatanya, beberapa penyakit kelainan kuku dapat menjadi sebuah gejala penyakit serius. Yuk, kita kenali berbagai kelainan kuku yang patut kita waspadai.

Penyakit yang Umum Terjadi pada Kuku

Di bawah ini adalah dua penyakit kuku yang paling umum terjadi:

1. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan (ingrown toenails)

Dalam keadaan normal, kuku kaki maupun tangan tumbuh lurus. Namun ada kalanya, bagian tepi kuku tumbuh ke dalam daging dan melukai jaringan lunak. Hal ini dapat menyebabkan bengkak, nyeri, dan kemerahan. Cantengan adalah gangguan kelainan kuku yang paling sering terjadi dan jempol kaki adalah yang paling sering terkena.

Apa saja penyebab kuku yang tumbuh ke dalam ini?

• Pemangkasan kuku yang kurang tepat seperti memotong terlalu dalam atau tidak menggunakan gunting kuku.
  • Sering memakai sepatu yang terlalu kecil, sehingga ujung-ujung jari kaki saling menekan satu sama lain.
  • Luka yang berulang pada jari kaki karena aktivitas sehari-hari.
  • Faktor keturunan di mana kuku cenderung tumbuh ke dalam daging.

Jika Anda mengalami infeksi akibat kuku yang tumbuh ke dalam, salah satu cara menanganinya adalah dengan merendam kaki di dalam air hangat yang dicampur cuka atau garam Epsom (garam Inggris), kemudian kenakan plester dan antiseptik pada area terkena infeksi. Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi, untuk mengurangi pembengkakan. Hindari pemangkasan ujung kuku kecuali Anda dapat melihat ujung kuku tersebut dengan mudah. Anda mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Sementara pada pengidap diabetes atau gangguan pembuluh darah kaki, sebaiknya tidak menangani gangguan ini sendiri dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Umumnya dokter akan memotong bagian kuku yang masuk ke dalam dan meresepkan obat oles atau obat minum untuk menangani infeksi. Jika kondisi tersebut berulang terus, maka dokter akan menerapkan prosedur untuk memotong tepi kuku beserta sebagian daging kuku, agar cantengan tidak terjadi lagi.

1. Kuku yang Terinfeksi Jamur (Onikomikosis)

Penyakit kuku ini ditandai dengan perubahan warna kuku kaki yang akan semakin memburuk dari waktu ke waktu, sehingga mengakibatkan kuku menjadi kusam dan terlihat buruk. Kondisi ini disebabkan adanya infeksi jamur di bawah kuku, yang membuat kuku kaki menjadi berwarna lebih gelap dan berbau tidak sedap. Jika dibiarkan, infeksi dapat menjalar ke kulit hingga ke keseluruhan jari.

Banyak penderita infeksi jamur kuku yang membiarkannya tanpa diobati, karena awalnya tidak menimbulkan rasa sakit selama bertahun-tahun. Walaupun tidak menimbulkan nyeri secara langsung, infeksi ini dapat menyebabkan kuku menebal sehingga sulit untuk dipotong, dan menyebabkan kaki sakit saat mengenakan sepatu.

Infeksi jamur kuku sering terjadi di tempat-tempat umum, di mana orang sering berjalan tanpa alas kaki, seperti kolam renang dan kamar mandi, terutama saat sedang ada luka pada kuku. Penderita penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan kekebalan tubuh, dan penyakit pembuluh darah juga lebih berisiko terhadap penyakit kuku ini.

Macam Kelainan Kuku

Dikutip dari laman Mayo Clinic, berikut ini ialah kelainan pada kuku yang patut diamati.

1. Nail Pitting (bintik-bintik pada kuku)

Keadaan di mana lapisan permukaan kuku mengalami pengelupasan ataupun  rentan dan rapuh sehingga tak jarang kuku pun rusak.

Hal ini lebih sering terjadi pada orang-orang yang mengalami psoriasis, kondisi di mana terjadi penyakit kulit yang kronis dan bisa berkaitan dengan penyakit autoimmun tubuh seperti alopecia areata.

Keadaan kuku seperti ini juga terjadi sebab eczema, di mana kulit mengalami kondisi rentang panjang menjadi kemerahan, gatal, kering, dan rapuh.

1. Nail Clubbing

Kelainan pada kuku di mana komponen ujung kuku melebar. Jaringan di bawah kuku menjadi lebih tebal dan bundar. Hal ini disebabkan kurangnya jumlah oksigen pada komponen darah.

Bentuk kuku seperti ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit pada paru-paru dan penyakit jantung

3. Kuku Sendok

Kuku sendok, kuku mengalami lekukan hingga mirip seperti sendok. Hal ini tak jarang dikaitkan dengan kekebalan tubuh terhadap zat besi.

Selain itu, permasalahan pada liver yang disebut hemochromatosis bisa berpotensi berubahnya kuku seperti bentuk sendok.

1. Terry’s Nails

Kelainan yang terjadi di mana kuku nampak terang hampir seluruhnya berwarna putih. Keadaan ini biasa terjadi dikala masa penuaan. Melainkan pada kasus lainnya, kuku memutih atau terry\’s nails bisa menjadi indikasi penyakit serius seperti penyakit liver, ginjal atau gagal jantung.

1. Garis horizontal

Adanya garis yang melekuk pada komponen kutikula yang memrentang pada komponen kuku secara horizontal. Keadaan kuku seperti ini tak jarang kali dikaitkan dengan diabetes, campak, penyakit gondok, dan pneumonia.

1. Kuku Lepas

Keadaan ini tak sepenuhnya kuku terlepas dari jari. Melainkan longgarnya komponen kuku dengan bantalannya. Sehinggga membuat kuku menjadi buram atau berwarna kuning.

Hal tersebut tak jarang terjadi pada sebagian orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, terinfeksi oleh jamur, atau kelenjar tiroid yang terlalu banyak berprofesi.

Pengobatan Penyakit Kelainan Kuku di Klinik Pandawa

Pengobatan pasien dengan kelainan kuku ini dengan berbagai penyebab dan gejala di klinik pandawa, pertama pasien akan diarahkan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter. Setelah berkonsultasi akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut demi memastikan penyebabnya dan selanjutnya dapat diberikan penanganan dengan tepat sesuai dengan penyebabnya.

Klinik Pandawa yang berada di Jakarta memiliki banyak pasien salah satunya pasien dengan masalah kulit. Klinik Pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani berbagai penyakit. Ada banyak pasien berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan.

Selain itu tidak usah khawatir dengan biaya, karena biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau. Klinik pandawa memiliki fasilitas memadai diantaranya semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia laboratorium, apotik, serta alat medis modern berstandar khusus.

Untuk informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui klik di sini atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.