Jangan Diremehkan! Keratosis Pilaris ( Penyakit kulit Ayam ) Menyerang Saat Musim Kemarau

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Jangan Diremehkan! Keratosis Pilaris ( Penyakit kulit Ayam ) Menyerang Saat Musim Kemarau

Keratosis Pilaris

Memasuki musim kemarau yang cenrung kulit akan mengalami kering mau tidak mau harus beradaptasi degan iklin tersebut. mungkin untuk sebagian orang, musim kemarau tidak memberikan dapat buruk pada kulit jika rutin menggunakan pelembab. Namun, sebagian lainnya kan merasakan dampak yang cukup signifikan terhadap perubahan kulit, Sahabat Pandawa. Salah satunya akan muncul Keratosis pilaris ( penyakit kulit ayam ). Walaupun, dianggap tidak berbahaya, penyakit kulit ayam ini dapat saja mengganggu aktivitas Sahabat Pandawa karena akan menimbulakan rasa gatal.

Kondisi ini akan menimbulkan pada permukaan kulit menjadi kasar dan muncul bintik-bintik kecil yang mirip tekstur pada permukaan kulit ayam. Biasanya bintik-bintik penyakit kulit ayam ini biasanya muncul pada kulit lengan, paha, pipi, serta bokong. Namun, pada kondisi ini Keratosis Pilaris juga dapat muncul pada alis, wajah, dan kulit kepala. Jika terjadi pada anak-anak dan remaja, Keratosis Pilaris biasanya akan sembuh dengan sencirinya saat akan beranjak remaja. Namun, beberapa kasus, bintik-bintik penyakit kulit ayam pada wajah dapat menimbulkan meradang dan memerlukan penanganan yang lebih lanjut.

Pengobatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan Dermalinfusion. Perawatan yang dilakukan dengan dokter ahli kulit. Keratosis pilaris tidak termasuk dalam penyakit menular dan tidak dapat menular baik dalam kondisi panas atau kering. Orang dengan kulit kering, eksim, genetik, asma, dan melanoma adalah sesseorang yang memiliki resiko untuk masalah kulit ayam. Namun, tidak ada risiko bukan berarti bebas dari masalah kulit. Yuk, simak lebih lanjut tentang penyakit kulit ayam turun.

 

Apakah Keratosis Pilaris Sering Terjadi?

Keratosis Pilaris ialah penyakit kulit ayam yang menyerang sekitar 50  hingga 80% semua remaja dan sampai 40% menyerang pada orang dewasa. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering terkena dengan penyakit kulit ayam ini. Sebenarnya, penyakit ini dapat menyerang pada semua usia, tetapi lebih umum terjadi di usia muda terutama pada anak. Jangan khawatir, dalam banyak kasus penyakit kulit ayam dapat benar-benar menghilang pada usia 30 tahun. Tetapi jika Sahabat Pandawa merasa tidak nyaman, sebaiknya dilakukan perawatan di klinik estetika.

Selain itu, penyakit kulit ayam dapat memperburuk selama kehamilan atau setelah melahirkan dan selama masa pubertas. Keratosis Pilaris penyakit kulit yang paling sering terjadi orang yang berkulit putih. Untuk itu, sebaiknya di duskusikan ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

 

Gejala Penyakit Kulit Ayam

Supaya lebih mengenali tanda-tanda dan gejala Keratosis Pilaris atau penyakit kulit ayam. Berikut ini alah gejalanya, yaitu:

  • Timbulnya benjolan kecil-kecil tanpa ada rasa sakit
  • Kulit terasa kering dan kasar di area benjolannya
  • Pada saat musim kemarau atau udara sangat lembab akan timbulnya benjolan
  • Benjolan yang ada di kulit seperti terasa merinding
  • Sering kali muncul rasa gatal

Benjolan ini biasanya sangat beragam warnanya mulai dari warna kulit, putih, kemerahan, pink keunguan (pada kulit putih daan hitam kecokelatan pada kulit yang berwarna gelai). Bintik-bintik ini biasanya muncul dimana saja. Akan tetapi, tidak di telapak tangan dan kaki. Secara umum, kebanyakan anak-anak biasanya terkena masalah ini di lengan atas, paha depan, dan pipi. Sementara itu pada orang yang dewasa bintik-bintik ini lebih sering menyerang lengan atas, paha depan, dan bokong.

Umumnya, gejala ini secara perlahan akan hilang saat seorang ada di akhir masa puertas. Ketika penyakit kulit ayam muncul di masa remaja, maka akan hilang pada usia 20 tahunan. Namun, kondisi ini dapat berlanjut lebih lama. Kemungkinannya ialah bahwa ada beberapa gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda khawatir dengan kondisi ini sebaiknya konsultasikanlah ke dokter untuk mengatahui lebih lanjut.

 

Penyebab Munculnya Penyakit Ini

Penumpukan keratin merupakan penyebab utama penyakit kulit ayam atau keratosis pilaris. Keratin ini merupakan protein keras yang bertugas untuk melindungi kulit dari zat yang berbahaya dan infeksi pada kulit Anda. ketika penumpukan ini terjadi, gumpalan akan terbentuk sampai menghambat permukaan folikel rambut. Keratosis pilaris penyakit yang kemudian akan membuat permukaan kulit tidak rata akibat bintik-bintik kecil yang kering dan kasar.

Memang tidak diketahui secara pasti megapa keratin dapat menumpuk. Penumpukan genetic atau kondisi lainnya seperti eksim ialah kemungkinan penyebab lainnya dari keratosis pilaris.

 

Apa Saja Faktor Yang Meningkatkan Risiko-Nya?

Factor yang meningkatkan risiko untuk terkenanya penyakit kulit ayam, yaitu:

  • Faktor genetic atau keturunan dari keluarga
  • Mempunyai penyakit asma
  • Memiliki kulit yang kering
  • Mempunyai penyakit dermatitis atopik (eksim)
  • Berat badan yang berlebih
  • Mempunyai ichthyosis vulgaris, kondisi ini akan membuat kulit kering

Tidak mempunyai faktor-faktor risiko bukan berarti Kamu terbebas dari penyakit kulit ayam ini. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda terjangkit penyakit kulit ayam atau tidak.

 

Perawatan Yang Dapat Dilakukan

Perawatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan Dermalinfusion. Alat ini dapat membuat kulit Anda yang tadinya mempunyai masalah kemudia langsung hilang. Tidak hanya untuk perawatan penyakit kulit ayam saja, tetapi dapat digunakan untuk jerawat, bekas jerawat, kulit kering, dan lain-lain. Perawatan ini seperti alat vakum yang menyedot kulit Anda dan digunakan serum agar tidak menimbulkan iritasi setelah menggunakan perawatan Dermalinfusion Silkpeel.

 

Perawatan Penyakit Kulit Ayam di Klinik Pandawa

Setelah Sahabat Pandawa sudah membaca artikel mengenai penyakit kulit ayam atau keratosis pilaris. Klnik Pandawa Estetika salah satu Klinik yang dapat menangani penakit ini. Sebaiknya Sahabat Pandawa tidak boleh sembarangan untuk melakukan pengobatan ini. Klinik Kami klinik yang terbaik di Jakarta Pusat. Dermalinfusion dapat dilakukan di Klinik Pandawa untuk melakukan penyakit kulit ayam.

Jika Anda mengalami keratosis pilaris dan merasa terganggu pada penampilan serta tidak membuat terasa nyaman. Sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Kami mempunyai dokter yang ahli dan didampingi oleh tenaga medis. Dermalinfusion ini tidak memiliki efek samping pada kulit yang sensitive dan sangat aman sekali.

Jika Anda ingin menghilangkan penyakit kulit ayam atau keratosis pilaris dapat menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 WhatsApp / SMS / Telpon atau BERKONSULTASI GRATIS. Kami dengan senang hati melayani Anda.