Fakta dan Mitos Selulit yang Wajib Kamu Ketahui!

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

SelulitFakta dan Mitos Selulit yang Wajib Kamu Ketahui! sangat umum terjadi pada setiap orang, tapi ada mitos dan fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang selulit loh! apa aja sih fakta dan mitos selulit atau stretchmark yang wajib kamu ketahui? Yuk simak sama-sama.

Mitos Seputar Selulit atau Stretchmark

  1. Selulit disebabkan dengan adanya toksin yang berada dalam tubuh.

Beberapa jenis produk selulit yang berada di apotek mengklaim dapat menghilangkan kotoran dan racun dalam tubuh. Tapi klaim ini tidak didasarkan pada riset yang jelas, selulit atau stretchmark sebenarnya terjadi ketika timbunan lemak berada dibawah kulit mulai mendorong naik dan mendesak lapisan serat kolagen atau jaringan ikat pada tubuh. Selulit sering muncul didaerah yang banyak timbunan lemak seperti pantat, paha, lengan, perut, atau bagian tubuh lainnya.

  1. Mitos Selulit hanya terjadi pada seseorang yang obesitas.

Kelebihan berat badan hanyalah penyebab selulit menjadi mudah terlihat. Karena semakin banyak lemak yang berada dipermukaan kulit anda maka makin banyak juga tekanan yang terjadi dibawah kulit. Hal ini dapat menonjolkan titik-titik lemah anda.

  1. Mitos Latihan kardio adalah cara terbaik untuk menghilangkan selulit atau stretchmark.

Olahraga semacam lari atau kardio memang dapat menurunkan berat badan, tetapi untuk selulit benar-benar hilang tidak akan terlihat signifikan. Anda harus mengkombinasikan dengan latihan kekuatan.

  1. Mitos: latihan kardio adalah cara terbaik hilangkan selulit atau stretchmark

    Olahraga semacam lari atau latihan kardio lainnya memang bisa menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya agar selulit benar-benar bisa hilang dan kulit Anda mulus kembali, Anda harus mengkombinasikannya dengan latihan kekuatan.

Studi dari South Shore YMCA, Quincy, Massachusetts menemukan orang dewasa yang melakukan tiga kali latihan aerobik, masing-masing 30 menit, selama 8 minggu akan kehilangan berat badan sekitar 2 kg. tapi ototnya tak terbentuk. Lain halnya ketika mereka mengkombinasikan 15 menit aerobik dan 15 menit latihan kekuatan tiga kali seminggu, lemaknya hilang 5 kg, tapi otot yang terbentuk sebesar 1 kg dan komposisi tubuhnya pun mengalami peningkatan. Dengan kata lainnya, tubuhnya terlihat lebih bagus dan selulitnya banyak yang hilang.

Fakta Seputar Selulit atau Stretchmark

  1. Wanita cenderung lebih mudah terkena selulit atau stretchmark daripada pria

Wanita memiliki potensi untuk memiliki  selulit atau stretchmark, karena wanita menyimpan lebih banyak lemak disbanding laki laki. Selain itu wanita tak punya banyak jaringan ikat untuk mempertahankan lemak-lemak itu di satu tempat. Diperkirakan hanya 10 persen pria yang memiliki selulit.

  1. Fakta Semakin tua selulit atau stretchmark akan semakin memburuk

Hormin yang memiki peran penting dalam memunculkan selulit ini karena bertambahnya umur pada seseorang. Wanita menghasilkan esterogen yang ia hasilkan akan menyusut seiring berlajannya waktu. Kondisi ini menyebabkan sirkulasi darah seseorang tak lancar, ini menandakan makin banyak selulit yang muncul.

Selain itu, penuaan menyebabkan penurunan produksi kolagen baru dan makin banyaknya jaringan ikat tua yang rusak pada wanita.

  1. Fakta Punya selulit atau stretchmark akibat keturunan

Selulit memang kondisi yang menurun dalam keluarga, jika ibu atau nenek memiliki selulit maka peluang besar akan menurun ke anak. Namun jika kebetulan anda mengalaminya, ingatlah bahwa factor ginetika hanyalah salah satu factor. Ada banyak lagi factor yang dapat menyebabkan selulit seperti, pola makan, rutinitas, olahraga, dan upaya untuk memiliki berat badan yang ideal juga menjadi salah satu peranan penting.