Facial Treatment Solusinya Mengangkat Komedo

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Timbul Jerawat Akibat Komedo? Facial Treatment Solusinya

facial

Perawatan wajah yang sudah tidak asing lagi didengan oleh semua orang, yakni facial treatment. Salah satu prosedur kecantikan yang paling sering dipilih oleh wanita untuk menghilangkan komedo hitam maupun putih.pasalnya, perawatan ini mempunyai manfaat yang dapat Anda dapatkan setelah melakukan perawatan facial wajah.

Perawatan wajah ini pun mempunyai banyak jenisnya. Facial wajah yang standar, misalnya merupakan perawatan wajah yang dilakukan dengan penguapan, mengangkatan sel kulit mati, membersihkan komedo, dipijat, sampai mengaplikasikan masker wajah agar tidak terjadi iritasi pada wajah.

Dalam perkembangannya, facial wajah dilakukan dengan berbagai teknik maupun melibatkan penggunaan teknologi canggih. Ada beberapa jenis perawatan ini yang dapat Kamu pilih, antara lain laser treatment, mikrodermabrasi, dan peeling

Perawatan di rumah saja tidak cukup hanya mengandalkan skincare yang kamu punya. Kini Facial Treatment dapat menjadi salah satu perawatan yang dapat kamu lakukan untuk mengangkat komedo hitam atau putih yang susah dilakukan di rumah.

Yuk, intip lebih lanjut mengenai facial treatment di bawah ini.

 

Sebenarnya, apa itu facial treatment?

Facial ialah metode yang digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, minyak, sel-sel kulit mati, hingga komedo.

Treatment kecantikan ini dilakukan secara bertahap, dimulai dri membersihkan wajah (cleansing), scrubbing, memijat, diuap, ekstraksi komedo, dan menggunakan masker wajah yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh masing-masing kulit.

Facial wajah yang bagus dilakukan ialah 4 minggu sekali karena proses regenerasi sel kulit terjadi dalam kurang lebih 28 hari.

 

Apakah Semua Orang Boleh lakukan Facial?

Orang yang sedang mengalami iritasi pada wajah disarankan tidak melakukan facial treatment. Jika tetap memaksa melakukan perawatan ini, kondisi kulit wajah mungkin justru akan memperparah masalahnya.

Maka dari itu, ada baiknya tunggu sampai masalah kulit kamu sembuh total terlebih dahulu atau setidaknya mereda sebagian. Jika sudah membaik, barulah Kamu bisa lakukan facial.

 

Adakah Efek Sampingnya?

Sama seperti perawatan kecantikan yang lain, facial wajah memiliki potensi efek samping. Walaupun, efek sampingnya tidak serius. Sebagian efek samping yang sangat sering terjadi setelah facial wajah di antara lain ruam kemerahan, gatal pada kulit, kulit kering, reaksi alergi, iritasi, serta timbul bruntusan ataupun jerawat. Umumnya efek samping timbul karena kulit Kamu ternyata tidak sesuai dengan bahan- bahan yang digunakan selama facial.

Dalam kasus tertentu, seseorang juga dapat saja alami efek samping yang lumayan berat, seperti terjadi kerusakan tekstur kulit. Hal ini terjadi akibat metode ekstraksi jerawat ataupun komedo yang tidak pas sehingga kulit wajah alami luka, lecet atau bopeng.

 

Bolehkah Orang Jerawat Lakukan Facial?

Apabila Kamu sedang jerawatan boleh saja melakukan facial. Tetapi, perhatikan dahulu seberapa parah jerawatnya. Ingat, perawatan ini bukan buat memulihkan jerawat. Perawatan ini bertujuan buat membersihkan wajah serta membersihkan komedo saja.

Bila jerawat Kamu aktif serta meradang, apalagi sampai merah ataupun bernanah, saya tidak menganjurkan Kamu buat facial dahulu. Perawatan ini nantinya justru beresiko memperburuk reaksi radang. Selesaikan perawatan jerawat Kamu dan menunggu hingga kondisi kulit pulih, kemudian bisa facial.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Rasa Sakit dengan Facial Treatment

 

Tahap Lakukan Facial Treatment

Facial wajah biasa dilakukan sebagai salah satu metode untuk membersihkan wajah, kurangi penyumbatan pori- pori kulit akibat komedo dan jerawat, meremajakan kulit wajah, dan membuat kulit wajah nampak lebih bersih, fresh, serta awet muda.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan selama proses facial wajah berlangsung. Tiap tahapan itu mempunyai manfaat tertentu untuk kulit Kamu, antara lain:

  1. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Langkah ini dikenal pula dengan sebutan depp cleansing. Pada tahapan deep cleansing, wajah dibersihkan dengan cara menyeluruh dari debu, sisa make up, ataupun produk perawatan kulit. Deep cleansing biasanya dilakukan memakai cairan pembersih khusus wajah.

  1. Melembutkan kulit wajah dengan uap

Langkah ini dicoba dengan memakai alat khusus yang bisa memberi uap pada wajah dengan temperatur tidak terlalu panas sehingga tidak melukai kulit wajah.

Metode penguapan wajah bermaksud untuk melebarkan pori- pori kulit serta melembutkan debu ataupun kotoran yang menutup pori- pori supaya gampang dikeluarkan.

  1. Melakukan prosedur eksfoliasi kulit wajah

Eksfoliasi merupakan cara pengelupasan kulit wajah buat mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang bisa menutup pori- pori. Dengan begitu, jaringan kulit bisa memperbaiki diri serta membuat lapisan kulit baru yang sehat.

Tahap eksfoliasi biasanya dilakukan memakai produk dengan kandungan scrub di dalamnya. Kandungan scrub itu pula disesuaikan dengan tipe kulit serta keluhan yang Kamu alami. Tidak hanya kandungan scrub, sebagian tipe facial wajah pula ada yang menggunakan tata cara chemical peeling.

  1. Melakukan pengangkatan komedo

Dokter ataupun perawat akan mengeluarkan komedo dari pori- pori dengan memakai alat pencabut komedo. Bila komedo yang Kamu punya lumayan banyak, bisa jadi dibutuhkan lebih dari satu tahap perawatan wajah ini buat mensterilkan komedo sampai tuntas.

  1. Menggunakan masker wajah

Sesudah langkah pencabutan komedo selesai, dokter ataupun terapis kecantikan akan berikan masker pada wajah Kamu. Tipe masker yang dipakai akan ditentukan dari tipe kulit serta masalah kulit yang dirasakan.

  1. Menggunakan toner wajah atau astringen

Bila kulit Kamu kering serta sensitif, dokter ataupun terapis bisa jadi akan memberi toner ke kulit wajah setelah perawatan wajah selesai. Tetapi, bila kulit wajah Kamu cenderung berminyak, dokter ataupun perawat kecantikan akan memberikan astringen untuk menghilangkan kelebihan minyak pada permukaan kulit.

Setelah selesai melakukan perawatan wajah ini, Kamu juga bisa memakai pelembap serta tabir surya buat melindungi kulit tetap bersih, lembap, serta mencegah kulit wajah dari paparan cahaya matahari.

 

Baca juga: Jangan Khawatir Ladies, Jerawat Punggung Hilang dengan Celluma Treatment

 

Dimana Lakukan Facial Treatment?

Jika Kamu ingin melakukan perawatan wajah ini, dapat langsung datang ke Klinik Pandawa Estetika atau dapat reservasi terlebih dahulu jika Anda ingin mengunjungi Klinik Pandawa. Untuk itu, Anda dapat melakukan konsultasi online secara gratis dengan dengan dokter ahli kami. Silahkan klik tautan secara langsung “KONSULTASI ONLINE GRATIS” Kamu juga dapat menghubungi kami secara langsung melalui Whatsapp atau nomor berikut 0821-1141-0672/ 021-62313337. Segala rahasia medis terjamin.

 

Referensi:

Dahl, M.V. UpToDate (2020). Approach To The Patient with Facial Erythema.
Palmer, A. Verywell Health (2020). What To Expect During an Acne Treatment Facial.
WebMD (2019). Chemical Peels and Your Skin.
WebMD (2019). What Is Dermatitis?