Engga Enak Dipandang, Kenali 4 Dermatitis yang Bikin Kulit Gatal

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Kamu pernah ngerasain gatal pada kulit bukan? Tapi gatalnya itu bukan sebanrang gatal. Nah, penykit yang ini ialah penyakit dermatitis. Penyakit ini biasanya akan menandai dengan adanya ruam dan gatal bahkan kemerahan yang timbul akibat iritasi setelah kontak langsung dengan zat tertentu, atau akibat reaksi alergi terhadap zat tertentu.

Untuk itu, yuk kita kenali penyakit dermatitis ada berapa jenis dan bagaimana cara atasinya di bawah ini.

Mengenal Dermatitis

Dermatitis yakni penyakit kulit yang diakibatkan oleh peradangan dampak berkontak langsung dengan zar khusus yang gampang mengiritasikan kulit ataupun alergen faktor alergi di area sekitar. Masalah kulit ini juga bisa dipengaruhi karena factor keturunan.

Gejla utamanya ialah ruam bengkak serta kemerahan yang terlihat sangat kering dan terasa gatal-gatal. Jika kamu alami ini biasanya akan merasakan nyeri pada bagian kulit jika disentuh bahkan dipenuhi lepuhan kecil yang bisa mengelupas mengeluarkan cairan.

Penyakit ini bukan penyakit yang menular. Walaupun begitu, gejalanya harus diketahui sebelum kamu mengalami komplikasi yangs serius. Penyakit ini dapat dikendalikan dengan bagus melalui kombinasi pengobatan dan menghindarkan berkontak langsung pada hal- hal yang menyebabkan peradangan kulit.

 

Seberapa umum kondisi ini

Penyakit ini ialah penyakit peradangan kulit yang sering terjadi. Penyakit ini biasanya menyerang 15 sampai 20% anak-anak dan 1 hingga 3% dari orang dewasa di seluruh dunia. Orang dengan riwayat alergi dan asma lebih rentan alaminya.

Penyakit kulit ini bisa dihindari dan ditangani dengan mengurangi factor-faktor yang meningkatkan risikonya. Sebaiknya kamu konsultasikan langsung dengan dokter kulit agar segera ditangani lebih lanjut.

 

Jenis-Jenis Dermatitis

  • Dermatitis atopic (eksim)

Umumnya, kondisi ini dimulai pada bayi dimana terjadi ruam merah dan sensasi gatal pada kulit menekuk, seperti disiku, belakang lutut, serta di area depan leher. Saat kamu tergores, ruam bisa mengeluarkan cairan serta mengeras. Umumnya faktor dari penyakit kulit atopic yakni pemakaian sabun atau detergen yang tidak cocok, stress, kelembapan rendah, cuaca dingin dan faktor yang bersifat lebih perorangan lainnya.

  • Dermatitis kontak

Penyakit kulit kontak yakni ruam merah dan terasa gatal yang disebabkan karena berkontak dengan cara langsung dengan suatu zat atau reaksi alergi terhadapnya.  Ruam tak menular atau mengancam jiwa, tetapi bisa sangat tak terasa nyaman. Banyak zat yang bisa menyebabkan reaksi seperti itu, termasuk sabun, kosmetik, parfum, perhiasan, dan tanaman tertentu.

  • Dermatitis seboroik

Dampak penyakit kulit jenis ini menimbulkan kulit alami, seperti bintik bersisik, kulit yang kemerahan, apalagi ketombe yang berlebihan.  Umumnya, penyakit kulit seboroik mempengaruhi area kulit yang berminyak, seperti wajah, dada bagian atas, serta punggung. Tidak hanya itu, orang yang hadapi dermatitis seboroik rentan alami pengulangan tiap kali sembuh.

  • Dermatitis stasis

Dermatitis tipe ini juga sering diucap dengan dermatitis gravitasi, eksim vena, serta dermatitis stasis vena. Dermatitis stasis sangat kerap terjadi di kaki bagian dasar sebab vena kaki mempunyai katup satu arah yang memainkan peran penting dalam sirkulasi darah. Katup ini mendorong darah ke atas kaki. Seiring bertambahnya umur, katup ini bisa melemah serta berhenti bekerja dengan bagus. Beberapa darah dapat bocor pergi serta menggenang di kaki. Dokter kulit kamu bisa jadi mengatakan ini sebagai insufisiensi vena.

Situasi ini berkembang pada orang yang mempunyai sirkulasi darah yang kurang baik. Oleh sebab aliran darah yang kurang baik umumnya terjadi di kaki bagian dasar merupakan tempat dermatitis stasis kerap berkembang. Situasi ini dapat terjadi pada satu ataupun kedua kaki. Penyakit ini stasis bisa berkembang di bagian badan yang lain, namun ini tidak sering terjadi.

 

Penyebab Dermatitis

Berikut berbagai pemicu penyakit ini sesuai dengan tipenya.

  • Dermatitis atopik (eksim)

Tipe penyakit kulit ini mungkin diakibatkan oleh berbagai aspek, seperti:

  • kulit kering,
  • perbedaan kondisi genetik,
  • kesalahan pada sistem kebal,
  • bakteri pada kulit,
  • faktor lingkungan,
  • adanya riwayat eksim dalam keluarga, serta
  • adanya riwayat alergi ataupun sesak napas.

 

Baca juga: Penyakit Kulit Dermatitis Menyerang Segala Usia? Kenali Penyebabnya

 

  • Dermatitis kontak

Penyakit ini dibagi jadi penyakit kulit alergi kontak serta dermatitis iritan kontak. penyakit kulit kontak alergi diakibatkan sebab gesekan langsung dengan faktor alergi, sebaliknya dermatitis kontak iritan terjadi dampak kontak dengan zat pemicu iritasi.

Beberapa alergen serta iritan yang kerap jadi faktornya ialah:

  • tanaman poison ivy ataupun tanaman berbisa yang berawal dari tumbuhan obat, bunga, buah- buahan, serta sayur- mayur,
  • perhiasan dengan nikel,
  • zat kimia dalam produk pembersih,
  • parfum,
  • kosmetik, serta
  • zat pengawet pada krim serta losion.

 

  • Dermatitis seboroik

Peradangan parah pada kulit kepala biasanya diakibatkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia pada kelenjar minyak yang tersebar di kulit. Sistem kebal mungkin bereaksi dengan cara tidak alami pada jamur itu alhasil jamur serta minyak tumbuh tanpa terkendali.

 

Penanganan Dermatitis

Tidak hanya penindakan kedokteran, kalian dapat menjaga kulit yang alami dermatitis lewat sebagian metode, seperti:

  • Menjaga kebersihan lewat mandi

Menjaga kebersihan memanglah jadi salah satu metode penindakan penyakit ini. Walaupun begitu mandi tidak sembarang mandi, namun menghalangi durasi mandi juga penting. Idealnya mandi merupakan maksimum 10 menit dengan pemakaian air hangat bukan air panas. Meneteskan olive oil saat sebelum mengguyur tubuh dengan air juga efisien.

  • Pemilihan sabun yang tepat

Pemilihan sabun yang tepat merupakan salah satu usaha buat menjaga serta menghindari situasi penyakit ini terus menjadi akut. Memilih sabun yang lembut dengan aroma ringan atau tanpa aroma lebih bagus. Sebagian produk sabun bisa mengeringkan kulitmu karenanya maanfaatkan sabun yang memiliki pelembap.

  • Mengeringkan diri hati- hati

Mengeringkan diri hati- hati pada saat tubuh lagi basah ialah upaya bikin menjauhi iritasi dan pergesekan yang agresif antara kulit dan handuk. Tepuk- tepuk kulitmu dengan handuk halus serta janganlah mengusapnya dengan agresif.

 

Pengobatan Dermatitis

Setelah kamu membaca mengenai penyakit dermatitis ini. Nah, jika kamu bingung ingin lakukan pengobatan dimana, kamu dapat kunjungi Klinik Kami di Jakarta. Salah satu Klinik estetika yang bagus dan terpercaya yang bisa atasi kulit kamu ialah Klinik Pandawa Estetika.

Bila kamu ingin mendatangi klinik kami dapat ke Pangeran Jayakarta, atau kamu dapat hubungi kami terlebih dahulu ke nomor 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau kamu bisa juga Klinik Konsultasi Gratis dengan dokter kami.