Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dalam Sedetik, Kok Bisa?

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Jerawat ialah masalah kulit yang sangat ditakuti oleh semua orang baik wanita ataupun pria, terlebih lagi jerawat batu yang sangat susah dihilangkan. Faktor jerawat batu ini bisa disebabkan oleh berbagai macam. Biasanya timbulnya jerawat biasa ataupun jerawat batu dikarenakan stress, kurangnya menjaga kebersihan wajah, alergi makanan, iritasi, hormone, dan lain-lain.

jerawat batu

Faktanya, jerawat beragam, mulai dari jerawat hormon, batu jerawat, jerawat jamur, pasir jerawat dan lainnya. Untuk itu, cara menghilangkan jerawat batu dan jerawat biasa pun harus didasarkan pada jenisnya. Hal yang harus kamu ketahui ialah hindari kesalahan perawatan pada jerawat, karena nanti akan menimbulkan masalah bekas yang sangat siusah untuk dihilangkan.

Pada pembahasan ini, secara khusus kita akan membahas mengenai cara menghilangkan jerawat batu. Memang jerawat batu ini salah satu jerawat yang sangat sulit dihilangkan dari pada jenis jerawat yang lainnya. Munculnya jerawat jenis ini biasanya dikarenakan oleh bakteri, minyak yang berlebih, dan sel kulit mati yang tersumbat oleh pori-pori.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Ada Bekas

Mengenal Jerawat Batu

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, jerawat batu timbul karena kamu mengalami stress yang berat. Ukuran jerawat ini cukup besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi oleh nanah yang pastinya akan ganggu penampilan kamu. Belum lagi jika efeknya yang bisa timbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi oleh jerawat.

Namun, kamu jangan khawatir karena ada cara menghilangkan ‘tamu yang tak diundang’ ini dari wajah kamu. Jerawat atau acne vulgaris dapat muncul saat pori-pori wajah kamu tersumbat oleh sel-sel kulit mati. Terkadang, bakterinya ikut tersumbat didalamnya dan bikin area tersebut jadi merah dan bengkak. Sementara itu, jerawat ini ini terjadi ketika infeksi ini telah memasuki kulit dan membuat benjolan yang mengandung nanah. Tak hanya pada area wajah saja, jerawat ini dapat timbul di dada, pundak, punggung, ataupun lengan bagian atas.

 

Penyebab Jerawat Batu

Sebenarnya jerawat batu ini tak ada faktornya, tetapi hormone androgen bisa ditunjukkan sebagain pemicunya. Peningkatan hormon androgynate ini dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Golongan yang dapat mempunyai homon androgen tinggi ialah remaja dan wanita yang sedang alami siklus hais, menopause, kehamilan, ataupun yang derita sindrom ovarium polikistik.

Namun, bukan berarti golongan remaja saja yang dapat mengidap jerawat ini. Anak-anak yang berusia 8 tahun ataupun orang tua yang berumur paruh baya dapat mempunyai jerawat ini. Kondisi ini juga termasuk ‘genetik’ yang diberikan oleh orang tua kepada kamu. Jika salah satu orang tua kamu pernah alami jerawat ini yang akut, maka kamu bisa alami ini.

 

Penanganan Jerawat Batu

Jerawat tidak dapat disembuhkan sepenuhnya hanya dengan menggunakan obat jerawat yang dijual bebas di pasar. Bila kamu mempunyai jerawat ini, maka kamu harus mendapatkan perawatan dari dokter kecantikan atau dokter kulit. Jika menurut kamu dapat diatasi di rumah, kamu dapat mencoba hal ini untuk dilakukan di rumah, antara lain:

  1. Pemberian krim dan salep

Dikutip dari Medical News Today, Akademi Kedokteran Kulit Amerika Serikat (AAD) disarankan pemakainan krim ataupun salep yang kandungannya benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Beberapa jenis salep kulit dijual bebas tanpa resep dan dapat kamu beli di apotek atau toko obat.

  1. Kompres hangat

Kompres air hangat manfaatnya melunakkan permukaan benjolan jerawat. Kemungkinan nanah dapat muncul ke permukaan sehingga jerawat batu dapat pulih lebih cepat.

  1. Kompres es

Selain kompres air hangat, bagaimana cara hilangkan jerawat ini adalah untuk mengompres es di permukaan jerawat. Metode ini dilakukan untuk mengurangi peradangan dan nyeri pada jerawat batu.

  1. Pembersih yang bukan sabun

Serangkaian temuan dari beberapa penelitian menyatakan tak usah memakai sabun lebih baik mengobati jerawat dibandingkan dengan sabun tradisional.

  1. Pemberian minyak daun teh (tea tree oil)

Suatu riset pada tahun 2007 membuktikan kalau tea tree oil lebih efisien 3, 5 kali buat mengurangi jumlah pada jerawat serta 5, 75 kali lebih efisien dari efek plasebo buat mengurangi tingkatan radang ataupun kemerahan jerawat.

 

Cara mengempeskan jerawat batu dengan bantuan dokter

Jika jerawat batu itu tidak sembuh-sembuh, jangan mencoba mengempeskan jerawat tersebut dengan paksa. Ini dapat menyebabkan dampak yang lebih parah, seperti:

  • Membuat jerawat menjadi lebih besar.
  • Tingkatkan peradangan.
  • Nanah dan kotoran tersumbat lebih dalam ke pori-pori
  • Meningkatkan risiko infeksi.
  • Menyebabkan luka parut.

Kunjungi dermatologis untuk mendapatkan penanganan terbaik. Dokter akan dapat menghilangkan jerawat batu dengan aman dan efektif, seperti pada cara-cara berikut.

  1. Pemberian antibiotik

Memberi antibiotik bukan untuk penggunaan jangka panjang untuk menangani jerawat. Antibiotik hanya digunakan untuk mengurangi peradangan dan harus dikonsumsi sesuai dengan instruksi dokter.

  1. Pemberian Isotretinoin

Isotretinoin merupakan obat yang diklasifikasikan sebagai retinoid serta dibuat dari vitamin sintetis. Obat ini digunakan dengan sangat efektif untuk yang mengalami dengan jerawat dengan peradangan parah. Isotretinoin adalah obat oral dalam bentuk pil dan minuman sekali atau dua kali sehari.

  1. Pil kontrasepsi dan spironolactone

Jika Anda mengalami jerawat seperti ini dikarenakan breakout selama pramenstruasi, dokter dapat meresepkan pil kontrasepsi ataupun hormon regulator Sironolakton. Spironolactone berfungsi untuk mengatasi fluktuasi hormonal yang bisa menjadi salah satu penyebab pertumbuhan jerawat batu.

  1. Suntik kortison

Istilah teknis untuk prosedur ini adalah injeksi atau injeksi kortikosteroid intralesioid. Namun, kebanyakan orang mengatakan suntikan steroid, suntikan kortison atau suntikan kista. Suntikan kortison adalah proses injeksi hormon sintetis yang terkait dengan suntikan kortisol dari kortison stres hormon dapat membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit karena jerawat parah dalam beberapa hari. Perlu diingat bahwa suntikan kortison hanya dapat dilakukan oleh dokter.

Jika kamu merasa ragu di sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin. Kamu dapat mengunjungi Klinik Pandawa dan melakukan reservasi. Sebelum melakukan reservasi, kamu dapat menghubungi kami melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 atau dapat mengklinik link KONSULTASI GRATIS