Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah yang Membandel

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Mempunyai jerawat di wajah membuat rasa percaya dirimu semakin menurun. Jerawat biasanya muncul akibat hormon, kebersihan, makanan dan lain-lain. Apapun penyebabnya, jerawat tetaplah akan meninggalkan bekas sampai menjadi berwarna merah. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat merah pada wajah, ya?

cara menghilangkan bekas jerawat merah

Kali ini kita akan mengulik cara menghilangkan bekas jerawat merah pada wahag yang mengganggu. Terlebih lagi yang mempunyai kulit putih, tentunya akan insecure karena ada bekas jerawat merah yang susah banget dihilangkan.

Bekas jerawat yang berwarna kemerahan tentunya sulit dihilangkan dibandingkan dengan bekas jerawat yang berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena warna merah muncul akibat peradangan di kulit terdalam.

Jadi, selain menerapkan cara menghilangkan bekas jerawat merah, harus perlu ketelatenan agar bekasnya hilang secara total. Cara menghilangkan bekas jerawat merah ini dapat menggunakan dengan bahan-bahan yang alami atau kamu dapat langsung ke dokter kulit untuk mengatasi bekas jerawat kemerahan pada kulit wajahmu.

Berikut klinikestetikajakarta.com akan mengulas cara menghilangkan bekas jerawat merah dari berbagai sumber, antara lain:

 

Cara menghilangkan bekas jerawat merah

Bekas jerawat merah memang sering disepelekan, tetapi dapat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri pada seseorang. Hal ini dapat terjadi sesudah jerawat muncul dan ditandai dengan perubahan tekstur dan lekukan yang bersifat permanen pada kulit wajah.

Sama seperti jerawat, ada berbagai cara menghilangkan bekas jerawat merah, yaitu:

  • Treatment di klinik kecantikan, seperti treatment laser, dermabrasi, dan chemical peeling
  • Perawatan dengan bahan alami, contohnya lidah buaya, lemon, serta minyak zaitun
  • Menjaga kesehatan kulit, misalnnya selalu mencuci muka dengan rutin.

Meski ada beberapa perawatan dari klinik, seperti laser, dermabrasi, chemical peeling yang menentukan cara menghilangkan bekas jerawat merah yang tidak mudah. Kamu harus mempertimbangkan kondisi kulit serta kebutuhan kulit kamu, seperti bekas jerawat yang bisa dihilangkan dengan bahan alami atau perawatan dengann dokter kulit.

Oleh karna itu, sebelum kamu memastikan metode mana yang sesuai buat kulit wajahmu, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter ahli kulit ataupun dokter dermatologis yang terpercaya.

 

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di dokter

Jerawat ialah masalah kulit yang bisa bertahan dalam beberapa hari sampai beberapa minggu. Sementara bekas jerawat bisa bertahan seumur hidup jika tidak diobati. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa perawatan kecantikan yang dapat hilangkan bekas jerawat di wajah kamu.

Setelah kmau berkonsultasi dengan dokter kulit, perawatan bekas jerawat akan ditentukan berdasarkan beberapa factor, antara lain:

  • Umur
  • Kondisi kesehatan tubuh
  • Riwayat medis
  • Jenis jerawat sertabekasnya, misalnya bopeng, flek hitam, dan lain-lain
  • Pendapat pasien itu sendiri

Selanjutnya ini sebagian opsi treatmen dari klinik kecantikan sebagai salah satu metode menghilangkan bekas jerawat kemerahan yang amat membandel.

 

Dermal filler

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah ialah menggunakan dermal filler. Dermal filler (suntik wajah) adalah metode yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kekenyalan pipi, menyamarkan keriput, serta lipatan yang menebal di bibir.

Metode ini yang tidak butuhkan operasi dan tidak tinggalkan bekas luka ini juga digunakan untuk hilangkan bekas jerawar. Dokter biasanya akan menyuntikkan cairan dengan komposisi yang sudah ditentukan untuk kondisi kulit wajah kamu ke bagian wajah yang membutuhkan.

beberapa produk yang digunakan untuk perbaikan kulit bersifat sintesis, sedangkan lainnya bisa terbuat dari sapi atau babi. Dokter pula bisa mengutip lemak dari pengidap di bagian tubuh dan disuntikkan ke bekas luka biar membantu melenyapkan bopeng jerawat.

Efek samping

Treatment ini terbilang cukup aman dan efektif, dermal filler menimbulkan berbagai efek samping, yaitu:

  • kulit bengkak serta kemerahan di zona suntik,
  • bekas luka,
  • reaksi alergi, serta
  • infeksi serta penggumpalan darah

Oleh karena itu, cara menghilangkan bekas jerawat merah yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh dokter professional atau klinik kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat.

 

Dermabrasi

Selain perawatan yang diatas, selanjutnya cara menghilangkan bekas jerawat merah dari klinik kecantikan ialah dermabrasi. Dermabrasi ialah prosedur pengelupasan kulit menggunakan alat yang bekerja dengan berputar di permukaan kulit wajah agar lapisan terluar kulut terangkat.

Permukaan kulit teratas akan dibuang dan menghasilkan kulit wajah yang memerah dan terasa terbakar. Hal ini nantinya akan menjadi kerak pada proses penyembuhan dan akan menjadi mulus serta merona dalam waktu 1 sampai 2 minggu.

Tidak hanya sebagai salah satu metode menghilangkan bekas jerawat merah ataupun gelap, dan bercak gelap. Perawatan dermabrasi ini pula dapat kurangi timbulnya garis halus di wajah serta membuat kulit terasa lebih lembut. Apalagi, bekas jerawat yang berlubang pula bisa ditangani dengan metode ini dan digabungkan dengan punch grafts.

Dermabrasi tersedia dalam berbagai jenis. Salah satu ialah mikrodermabrasi yang tergolong lebih ringan. Namun, langkah menghilangkan bekas jerawat yang satu ini butuh metode berulang kali dan tak menghasilkan yang terlalu memuaskan.

Dermabrasi ini hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan yang sudah bersertifikat atau dengan bantuan dokter spesialis kulit. Pasalnya, dermabrasi ini butuh bius atau anestesi yang tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

 

Baca juga: Tips Menghilangkan Bekas Jerawat, Ingin Coba?

Chemical peeling

Umumnya, perawatan chemical peeling digunakan untuk obati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, prosedur ini ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah.

Prosedur ini bisa dilakukan dengan cara oleskan cairan kimia di kulit wajah dan leher kamu. Setiap tahap bisa digunakan dengan larutan yang berbeda, namun bahan utamanya adalah asam glikolat ataupun asam trikloroasetat.

Kedua bahan ini bertugas membutuhkan jaringan kulit dan mengangkat sel kulit mati supaya kulit terkelupas. Dengan begitu, kulit lama kamu akan digantikan oleh kulit yang baru yang lebih lembut dan sehat.

Oleh karna itu, chemical peeling dapat mengangkat kulit lama yang memiliki bekas jerawat serta hilangkannya.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa metode ini cukup berbahaya karena bisa membuat kulit terkelupas. Untungnya, chemical peeling dinyatakan aman oleh dermatologi.

 

Treatment IPL

Perawatan IPL salah satu metode melenyapkan bekas jerawat merah yang amat membandel. Perawatan ini memakai cahaya lampu xenon dalam intensitas tinggi ini digunakan untuk meremajakan kulit wajah.

Berbeda dengan perawatan laser yang hanya memakai satu gelombang sinar, IPL perawatan memakai paduan berbagai gelombang sinar. Hal ini bertujuan biar dokter dapat menargetkan area yang lebih besar.

Riset dari jurnal Dermatology Therapy memberi ketahui jika terapi IPL lumayan efisien dalam mengatasi tipe jerawat ringan hingga sedang. Tidak cuma itu, perawatan gelombang sinar ini juga lebih sedikit resiko ketika dipakai buat membunuh bakteri jerawat.

 

Perawatan lain sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah

Selain keempat cara menghilangkan bekas jerawat merah bisa dilakukan di klinikestetikajakarta.com. ada beberapa cara lainnya, yaitu:

  • Laser resurfacing untuk menyamarkan bekas jerawat yang sudah bopeng.
  • Salep kortikosteroid untuk kurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.
  • Subcutaneous incision dengan memisahkan kulit dan lapisan yang terluka supaya bisa menyamarkan bekas jerawat yang bopeng.
  • Cryotherapy ialah cara hilangkan bekas jerawat merah agar tidak muncul kembali di kulit wajah kamu.

 

Baca juga: Ladies, Cantik Instan dengan Perawatan Suntik Filler

 

Perawatan yang Tepat

Nah, setelah kamu sudah membaca ulasan yang sudah di jelaskan. Kamu dapat lakukan di Klinik Pandawa Estetika yang sangat cocok untuk kulit wajah kamu. Untuk itu, tunggu apa lagi? kamu bisa datang langsung ke Klinik Pandawa untuk melakukan perawatan.

Kamu bisa hubungi kami melalui 0821-1141-0672/ 021-62313337 (telepon/SMS/WA) tentunya tidak di pungut biaya jika berkonsultasi melalui online atau dapat klinik di layanan KONSULTASI ONLINE GRATIS.