Jerawatan Akibat Pakai Maskne Bikin BT, Dapat Dicegah!

Rating
5/5
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Cara Mengatasi Jerawat Akibat Maskne, Ladies Wajib Tahu!

cara mengatasi jerawat

Sahabat pandawa, memiliki jerawat saat pandemi memang banyak sekali yang mengalaminya. Umumnya, penggunaan masker setiap hari di saat pandemi menimbulkan jerawat. Di masa pandemi, sama pentingkan dengan pakaian yang dikenakan karena kini, tanpa masker mana yang bertengger menutupi mulut, aktivitas akan terasa aneh dan tidak akan aman. Di satu sisi, masker memberikan perlindungan bagi kita dan banyak orang di sekitar. Namun, di sisi lain, masker membawa persoalan baru seperti jerawat yang timbul pada area wajah yang tertutupi masker dan kerap disebut dengan istilah ‘maskne’ (mask acne). Untuk itu, sahabat pandawa harus tahu bagaimana cara mengatasi jerawat saat pandemi walaupun menggunakan masker pada saat keluar rumah.

Ada banyak cara yang membuat penggunaan masker dapat mengakibatkan jerawat, mulai dari gesekan masker yang menyebabkan iritasi hingga bakteri yang berpindah dari masker ke kulit anda. Masker dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi dan tersumbat, serta berpotensi menimbulkan jerawat di sekitar pipi dan area dagu. Tapi tenang sahabat pandawa, seperti berbagai permasalahan jerawat lainnya, maskne juga dapat diatasi dengan mudah, lho!

Kita boleh saja menjadikan berbagai pilihan warna dan motif sebagai pertimbangan memilih masker. Tapi, jangan sampai lupakan faktor bahan kain yang digunakan masker, jadi gunakan kain yang enggak menimbulkan iritasi pada kulit. Pastikan masker cukup besar untuk menutupi hidung dan mulut, bahan yang nyaman, lembut di kulit, dan enggak membuat iritasi. Kita juga harus memiliki cukup masker cadangan sehingga saat satu masker kotor, ada masker lain yang bersih dan siap dipakai. Untuk itu, setiap yang menggunakan masker harus rajin membersihkan maskernya agar tidak terjadi ‘maskne’. Yuk, simak lebih lanjut tentang artikel ini.

 

Mengenal Maskne

Semenjak pandemik covid-19, masker merupakan hal yang wajib dipakai saat akan beraktivitas di luar rumah. Namun, sebagian orang sering menggunakan masker justru akan menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat. Mask acne atau maskne kerap dialami meskipun sudah rutin berganti masker tiap beberapa jam sekali. Maskne ini dapat menimbulkan jerawat yang terbentuk di sekitar yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi dibagian bawah. Pada jerawat yang sama umumnya maskne dapat mengganggu penampilan dan jerawat bisa meninggalkan bekas yang sangat mengganggu.

 

Penyebab Munculnya Masker Acne

Penggunaan masker dalam jangka panjang akan membuat kulit terus mengalami masalah. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit. Karena saat ini penggunaan masker tidak bisa ditinggalkansaat pandemi ini, kulit akan menjadi meradang dan mudah untuk menumbuhkan jerawat seperti jerawat pasir. Juga, saat seseorang berbicara dan mendesah sambil mengenakan masker dapat mengalami panas yang menyebabkan kulit menjadi berkeringat dan basah. Kondisi ini bisa menjadi timbulnya jerawat untuk tumbuhnya kuman dan bakteri berkembang biak.

Selain masker itu sendiri, penyalahgunaan masker bisa juga menyebabkan maskne, anda tahu. Masker bedah yang digunakan berulang kali atau masker kain dicuci dapat sembarangan pertumbuhan bakteri dan kuman. Namun, kulit yang iritasi, peradangan, dan berbagai kuman pada kulit adalah masalah yang sangat tidak baik untuk membawa penyakit kulit seperti biang keringat, eksim, dermatitis seboroik, rosacea, termasuk jerawat!

 

Cara Mengatasi Jerawat Pada Saat Pakai Masker

  • Gunakan masker yang bijak

Jika sahabat pandawa memakai masker bedah, pastikan tidak menggunakan berulang kali atau seharian penuh. Teruslah ganti maskernya jika dirasa sudah terlalu lembab. Jadi, cara mengatasi jerawat saat anda sedang beraktivitas diluar rumah, sediakanlah 2-3 masker tambahan agar anda mempunyai cadangan ketika masker yang sedang dipakai sudah tidak perlu diganti. Rutin ganti masker juga berlaku saat anda menggunakan masker kain. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci. kain masker mencuci dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain agar tidak menimbulkan maskne.

  • Membersihkan wajah

Setelah menggunakan masker seharian saat beraktivitas di luar rumah menggunakan masker, cara mengatasi jerawat bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai denga jenis kulit anda. Memilih sabun wajah yang sesuai dengan junis kulit ini penting, karena penggunaan jenis sabun yang salah justru dapat memicu timbulnya jerawat.

  • Menggunakan pelembab

Terapkan pelembab untuk menjaga kulit terhidrasi terus wajah dan tidak membosankan. Bagaimana cara mengatasi jerawat dapat memilih pelembab dengan bahan yang ringan dan mengandung banyak minyak. Jika perlu, memilih menenangkan produk krim pelembab yang dapat menenangkan kulit yang merah dari menggosok masker.

  • Gunakan sunscreen

Bagaimana cara menangani jerawat, jangan lupa untuk menerapkan tabir surya 15 menit sebelum meninggalkan rumah, ya. Gunakan tabir surya wajah khusus dengan spf 30 atau lebih tinggi untuk mencegah hiperpigmentasi kulit matahari. Anda juga dapat memilih tabir surya yang diperkaya denganbahan-bahan yang baik. Sunscreen ini dikenal untuk mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh penggunaan masker.

  • Hindari penggunaan makeup terlalu tebal

Agar terlihat menarik meskipun memakai topeng, anda masih bisa memakai makeup, benar-benar. Namun, penggunaan make up yang ringan dan tidak terlalu berat, ya. Jika anda sedang sebenarnya jerawat, anda harus menghindari menggunakan make up pertama. Karena makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat atau memperburuk jerawat. Mengambil langkah-langkah yang dijelaskan di atas untuk menjaga kulit anda bebas maskne wajah anda bahkan jika anda memakai masker sepanjang hari. Untuk cara mengatasi jerawat di atas, kulit wajah anda akan memiliki lebih bersih dan sehat, sehingga anda dapat melihat dengan lebih percaya diri.

 

Treatment Menghilangkan Jerawat Maskne di Klinik Pandawa

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat maskne harus dilakukan dengan hati-hati. Selain Sahabat Pandawa melakukan untuk cara mengatasi jerawat di atas, Anda dapat melanjutkan dnegan menggunakan treatment atau melakukan perawatan kecantikan dengan metode Dermalinfusion Silkpeel. Treatment ini diakukan di wajah kulit yang berjerawat dapat diatasi dengan Dermalinfusion Silkpeel. Treatment ini sangat unggul dalam mengatasi permasalah kulit.

Jika Anda mengalami Maskne, terlebih lagi sudah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Jangan sembarangan untuk mengobati atau memencet jerawat karena akan menjadi semakin lebih parah. Klinik Pandawa dapat mengatahi hal ini. Klinik Kami sudah terkenal di Jakarta dan mempunyai dokter yang professional dalam bidangnya.

Jika Anda ingin menghilangkan jerawat dikarenakan masker atau penyebab lainnya. Dapat menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 WhatsApp / SMS / telpon atau berkonsultasi gratasi. Kami dengan senang hati melayani Anda.